300 Pastor dan 36 Uskup Termasuk Kardinal Hadiri Salve Agung Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat

Sebanyak 300 lebih imam atau pastor serta 36 uskup baik yang masih aktif maupun emeritus atau purna tugas menghadiri salve agung Uskup Ruteng.

IST/Komsos Keuskupan Agung Pontianak
SALVE AGUNG - Sebanyak 300 lebih imam atau pastor serta 36 uskup baik yang masih aktif maupun emeritus atau purna tugas menghadiri salve agung tersebut, Rabu malam (18/03/2020) 

Citizen Reporter
Laporan: Samuel | Staf Komisi Komsos Keuskupan Agung Pontianak

RUTENG - Sebanyak 300 lebih imam atau pastor serta 36 uskup baik yang masih aktif maupun emeritus atau purna tugas menghadiri salve agung Uskup Ruteng, Flores, NTT, Mgr Siprianus Hormat, Rabu malam (18/03/2020). Kegiatan ibadat sore (salve) digelar di Gereja St Yosef Ruteng, Flores, NTT.

Dikutif dari Majalah Hidup Katolik disebutkan, dalam tradisi Gereja Katolik, sehari sebelum seorang uskup ditahbiskan, akan diadakan Salve Agung. Dimana dalam Salve ini, akan diberkati aneka insignia yang adalah perlengkapan seorang yang akan digunakan selama seorang Uskup memimpin di keuskupannya.

Pada umumnya upacara ini akan dihadiri seluruh uskup yang hadir dalam acara pentahbisan. Selain itu tentu para imam, biarawan-biarawati, serta umat.

Bagian inti dari Salve Agung ini adalah pengingkraran kesetiaan kepada Bapa Suci dan pengakuan iman Uskup. Pada Salve ini Uskup terpilih akan mengucapkan janji setia kepada Paus.

SALVE AGUNG - Sebanyak 300 lebih imam atau pastor serta 36 uskup baik yang masih aktif maupun emeritus atau purna tugas menghadiri salve agung tersebut, Rabu malam (18/03/2020). Tampak hadir pula Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus sebelum salve agung.
SALVE AGUNG - Sebanyak 300 lebih imam atau pastor serta 36 uskup baik yang masih aktif maupun emeritus atau purna tugas menghadiri salve agung tersebut, Rabu malam (18/03/2020). Tampak hadir pula Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus sebelum salve agung. (IST/Komsos Keuskupan Agung Pontianak)

Setelah itu pemimpin Salve akan memberkati insignia (atribut penanda uskup, Red) yang akan dipakai oleh uskup baru dalam tugas penggembalaan. Atribut itu diantaranya mitra, cincin, kalung salib, dan tongkat gembala.

Ibadat Agung ini dimulai dengan puji-pujian dan lantunan mazmur. Seluruh umat mengikuti ibadat ini dengan suasana khusyuk dan khidmat dan terlibat aktif dalam setiap doa dan nyanyian.

LAUNCHING BUKU - USai Salve Agung Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat, di Gereja St Yosef Ruteng, Flores, NTT, Rabu malam (18/03/2020), digelar launching buku. Sebanyak 300 lebih imam atau pastor serta 36 uskup baik yang masih aktif maupun emeritus atau purna tugas menghadiri salve agung tersebut.
LAUNCHING BUKU - USai Salve Agung Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat, di Gereja St Yosef Ruteng, Flores, NTT, Rabu malam (18/03/2020), digelar launching buku. Sebanyak 300 lebih imam atau pastor serta 36 uskup baik yang masih aktif maupun emeritus atau purna tugas menghadiri salve agung tersebut. (IST/Komsos Keuskupan Agung Pontianak)

Acara dimulai tepat pada pukul 17.00 WITA yang diawali dengan perarakan. Menurut seksi acara RD Eginius Rada Masri ada 300-an Imam dan 36 uskup aktif dan termasuk uskup emeritus atau purnatugas yang hadir pada ibadat sore tersebut.

Perayaan Salve Agung dipimpin oleh Uskup Denpasar Mgr Dr Silvester San serta disaksikan langsung oleh Mgr Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo.

Dalam kesaksian RP Otto Gusti Ndegong Madung SVD mengatakan bahwa Mgr Siprianus Hormat merupakan sosok yang mampu menjadi jembatan baik antara imam, imam tua maupun yang muda, dan segala golongan umat.

SALVE AGUNG - UMAT dengan khusyuk mengikuti Salve Agung Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat, di Gereja St Yosef Ruteng, Flores, NTT, Rabu malam (18/03/2020). Sebanyak 300 lebih imam atau pastor serta 36 uskup baik yang masih aktif maupun emeritus (purna tugas) menghadiri salve agung tersebut.
SALVE AGUNG - UMAT dengan khusyuk mengikuti Salve Agung Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat, di Gereja St Yosef Ruteng, Flores, NTT, Rabu malam (18/03/2020). Sebanyak 300 lebih imam atau pastor serta 36 uskup baik yang masih aktif maupun emeritus (purna tugas) menghadiri salve agung tersebut. (IST/Komsos Keuskupan Agung Pontianak)
Halaman
123
Penulis: Stefanus Akim
Editor: Stefanus Akim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved