Pentingnya Jaga Daya Tahan Tubuh, Berikut Saran Dari Dokter Kesehatan Olahraga Untan

Kondisi waspada juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas) dan menjalankan pola hidup sehat, salah satunya dengan berolahraga

IST
Dokter Kesehatan Dr. Didiek Pangestu Hadi 

PONTIANAK - Meningkatkan daya tahan tubuh di tengah musim pancaroba seperti saat ini sangat penting bagi setiap orang.

Kondisi waspada juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas) dan menjalankan pola hidup sehat, salah satunya dengan berolahraga.

Terkait wabah Corona, kita juga dianjurkan untuk tidak datang di pusat keramaian.

Lalu olahraga apa saja yang bisa kita lakukan di rumah agar tetap sehat dan bugar?

Berikut ungkapan dokter Kesehatan Dr. Didiek Pangestu Hadi yang bekerja sebagai Dosen FK UNTAN, bagian Fisiologi & Kedokteran Olahraga saat ditanya oleh Tribun Pontianak.

"Kalau untuk olahraga/aktifitas fisik yang bisa dilakukan di dalam rumah, tidak ada patokan khusus. Asalkan aktifitas fisik tersebut bisa, mudah dan nyaman dilakukan di dalam rumah (indoor). Kalau memang di rumah ada alat treadmill, bisa jogging di dlym rumah, atau ada sepeda statis, bisa bersepeda dalam rumah," ujarnya.

Jadwal Turnamen Basket di Gelanggang Olah Raga Perbasi Pontianak Hari Ini

Dilanjutkannya, kalaupun tidak ada alat olahraga tersebut di dalam rumah, ia juga menyarankan melakukan aktifitas fisik/ olahraga seperti yoga, senam atau zumba secara mandiri/individual dengan mengikuti panduan/tutorial dari instruktur secara online (bisa dari video, youtube, dan lainnya.

"Dalam kondisi seperti ini, sebenarnya masih di perbolehkan untuk melakukan olahraga di luar (outdoor), asalkan olahraga tersebut dilakukan secara sendiri-sendiri, tidak berkelompok & bukan melakukan olahraga permainan dengan org yang banya seperti bola/futsal, basket atau olahraga kelompok lainnya. Contoh yang aman dan mudah seperti, jalan, jogging/lari, bersepeda di sekitar rumah/kompleks dengan sendiri," ungkapnya.

Namun, perlu diingat dan penting untuk diketahui, dr.Didiek menyarankan pada olahraga yang kaitannya dengan Imunitas/daya tahan tubuh, olahraga yang dilakukan haruslah olahraga dengan intensitas "ringan-sedang" yang mudah, nyaman dan bisa dilakukan secara rutin/konsisten (Principle of exercise: Easy, Fun & Consistent).

"Karena kalau melakukan suatu olahraga dengan intensitas yang terlalu berat dan "menyakitkan/menyiksa" tubuh (OverTraining), malah akan dapat menurunkan fungsi Imunitas atau kekebalan tubuh, sehingga orang tersebut malah lebih mudah/rentan terserang suatu penyakit tertentu khususnya penyakit infeksi," ujarnya.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved