Mgr Agustinus Disambut Upacara Adat di Bandara Komodo Labuan Bajo

Mgr Agustinus yang tiba di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Senin (16/03/2020) disambut rombongan panitia di Bandara Internasional Komodo.

IST/Komsos Keuskupan Agung Pontianak
DISAMBUT - Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus tiba di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Senin (16/03/2020) disambut rombongan panitia di Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo. Mgr Agustinus Agus akan menghadiri tahbisan Uskup Ruteng yang baru Mgr Siprianus Hormat. 

Citizen Reporter

Laporan: Samuel | Staf Komisi Komsos Keuskupan Agung Pontianak

Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus akan menghadiri tahbisan Uskup Ruteng yang baru Mgr Siprianus Hormat di Gereja Katedral Santu Yosef Ruteng pada Kamis, 19 Maret 2020.

Sebelum perayaan tersebut, Mgr Agustinus yang tiba di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Senin (16/03/2020) disambut rombongan panitia di Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo. Mgr Agustinus Agus disambut langsung rombongan panitia tuan rumah untuk tahbisan Uskup Ruteng yang baru Mgr Siprianus Hormat.

Dalam penyambutan itu dihadiri antara lain oleh Sekda Kabupaten Manggarai Barat, Ismail Surdi. Hadir pula Ketua adat Adrianus Hamut, serta Romo Vikep RD Rikardus Manggu dan RD Soni Selatan.

Kira-kira ada satu jam perjalanan dari Bandara Internasional Bali menuju Labuan Bajo, Manggarai Barat. Uskup Agustinus Agus bersama rombongan menggunakan pesawat Batik Air, disambut langsung di Bandara Labuan Bajo.

SELENDANG - Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus tiba di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Senin (16/03/2020) disambut rombongan panitia di Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo, dengan pengalungan selendang. Mgr Agustinus Agus akan menghadiri tahbisan Uskup Ruteng yang baru Mgr Siprianus Hormat.
SELENDANG - Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus tiba di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Senin (16/03/2020) disambut rombongan panitia di Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo, dengan pengalungan selendang. Mgr Agustinus Agus akan menghadiri tahbisan Uskup Ruteng yang baru Mgr Siprianus Hormat. (IST/Komsos Keuskupan Agung Pontianak)

Upacara penyambutan yang pertama dilakukan oleh ketua adat Adrianus Hamut dengan pengalungan selendang dan topi khas Manggarai. Kemudian dilanjutkan dengam tarian atau dalam bahasa setempat yaitu Makkha. Tahapan terakhir adalah ritual Kepok atau penyerahan minuman khas (bongko atau robo) dan ayam putih kepada Mgr Agustinus Agus.

Adrianus Hamut mengatakan bahwa setiap tahapan ritual memiliki makna tersendiri. Pengalungan artinya orang baru yang disambut merupakan saudara dan masyarakat dengan senang hati menyambut kedatangan tamu besar.

DISAMBUT - Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus tiba di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Senin (16/03/2020) disambut rombongan panitia di Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo, dengan upacara adat. Mgr Agustinus Agus akan menghadiri tahbisan Uskup Ruteng yang baru Mgr Siprianus Hormat.
DISAMBUT - Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus tiba di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Senin (16/03/2020) disambut rombongan panitia di Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo, dengan upacara adat. Mgr Agustinus Agus akan menghadiri tahbisan Uskup Ruteng yang baru Mgr Siprianus Hormat. (IST/Komsos Keuskupan Agung Pontianak)

Kedua adalah tahapan tarian alias makkha, dimana ketua adat mengangkat pedang keris. Maknanya, bertumbuh sampai bulan, dan bintang dan ibarat kayu yang akarnya harus tertaman dalam bumi, kemudian daunnya rimbun. Tujuannya untuk mengusir segala hal-hal yang tidak diinginkan baik yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan.

Tahapan selanjutnya yaitu tahapan Kepok yakni penyerahan air khas yang masyarakat setempat percayai melambangkan, kesejukan hati, menyucikan segala sesuatu bagi pendatang dengan harapan datang dengan sehat dan penuh berkat.

DISAMBUT - Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus tiba di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Senin (16/03/2020) disambut rombongan panitia di Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo, dengan upacara adat setempat.
DISAMBUT - Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus tiba di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Senin (16/03/2020) disambut rombongan panitia di Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo, dengan upacara adat setempat. (IST/Komsos Keuskupan Agung Pontianak)

Sedangkan peanyerahan ayam putih yang masyarakat percayai sebagai bentuk keiklasan hati penuh serta kesucian hati masyarkat menerima tamu istimewa ini.

Dalam kesempatan itu, Mgr Agustinus mengatakan sangat kagum dengan sambutan yang mengejutkan hatinya. Sebab tanpa ada persiapan Uskup Agung Pontianak ini disambut dengan meriah oleh panitia tahbisan Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat.

DISAMBUT - Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus tiba di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Senin (16/03/2020) disambut rombongan panitia di Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo. Mgr Agustinus Agus akan menghadiri tahbisan Uskup Ruteng yang baru Mgr Siprianus Hormat.
DISAMBUT - Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus tiba di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Senin (16/03/2020) disambut rombongan panitia di Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo. Mgr Agustinus Agus akan menghadiri tahbisan Uskup Ruteng yang baru Mgr Siprianus Hormat. (IST/Komsos Keuskupan Agung Pontianak)

Sementara itu, saat makan siang bersama, Mgr Agustinus Agus mengatakan bahwa hubungan Gereja dan pemerintah harus saling bekerjasama agar kehidupan bermasyarkat lebih hangat dan aman.

"Gereja tidak bisa hidup sendiri. Gereja Katolik harus hidup berdampingan dengan masyarakat luas dan semua kalangan lintas agama. Tentunya Gereja juga harus bekerjasama dengan pemerintahan," ujarnya.

Seusai makan siang bersama, rombongan Mgr Agustinus diantar menuju penginapan Sylvia Hotel & Resort Labuan Bajo.

Penulis: Stefanus Akim
Editor: Stefanus Akim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved