Kapolda Irjen Pol Dr Remigius dan Bupati Landak Karolin Hadiri Tahbisan Diakon Siktus M Nopala OSM

Acara tahbisan Diakon Siktus M Nopala OSM dilaksanakan di Paroki Maria Dolorosa, Kecamatan Jelimpo Keuskupan Agung Pontianak.

IST
Kapolda Kalbar bersama Uskup Agung Pontianak 

Citizen Reporter
Mgr Agustinus Agus

LANDAK - Kapolda Kalbar Irjen Pol Dr Remigius Sigid Tri Hardjanto SH MSi dan Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa hadiri Tahbisan Diakon Siktus M Nopala OSM yang dipimpin langsung oleh Mgr Agustinus Agus selaku Uskup Agung Pontianak sebagai konselebran utama bersama 10 Imam lainnya pada Sabtu (22/2/2020).

Acara tahbisan Diakon Siktus M Nopala OSM dilaksanakan di Paroki Maria Dolorosa, Kecamatan Jelimpo Keuskupan Agung Pontianak.

Dalam susunan kepimpinan hierarki Gereja Katolik, Diakon merupakan jabatan pertama dalam pelayanan untuk umat.

Mgr Agustinus Agus menjelaskan bahwa kata "diakon" berasal dari kata διάκονος (diákonos), yakni kata baku dalam bahasa Yunani Kuno yang berarti "pelayan", "penunggu", "pemangku", atau "pewarta."

Kunjungi Kabupaten Landak, Kapolda Kalbar Komitmen Berikan Pelayanan Terbaik

"Menurut salah satu dugaan yang lazim dikemukakan sehubungan dengan etimologi kata "diakon", arti harfiah dari kata ini adalah "terobos debu," mengacu pada kepulan debu yang ditimbulkan oleh kesibukan pelayan atau pewarta tatkala menunaikan tugasnya. Selaras dengan itu diakon juga berperan untuk menggantikan peran para rasul sebagai penyambung lidah sabda Allah," kata Mgr Agus dalam sambutan pembuka misa.

Acara tahbisan itu dihadiri Irjen Pol Dr Remigius Sigid Tri Hardjanto SH Msi sebagai Kapolda baru di Kalimantan Barat dan Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa, bersama jajaran pemerintahan Kabupaten Landak.

Acara dimulai dengan penyambutan Kapolda Irjen Pol Dr Remigius Sigid Tri Hardjanto SH M Si Kapolda Kalbar, dan Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa sebagai tamu kehormatan didampingi langsung oleh MgrAgustinus Agus sebagai Uskup Agung Pontianak.

Sebagai jamuan tamu kehormatan dan untuk sejarah pertamanya Kapolda Kalbar menghadiri kunjungan kegiatan Gereja.

Irjen Pol Dr Remigius Sigid Tri Hardjanto, SH MSi Kapolda Kalbar diberi kesempatan untuk memotong bambu yang sudah disediakan umat paroki Maria Dolorosa dan Pastor Paroki P Orlando Morales OSM, Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak, Keuskupan Agung Pontianak.

Halaman
12
Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved