PPKH Mempawah Rutin Laksanakan FDS, Abdul Malik: Edukasi Terhadap Keluarga Penerima KPM

Abdul Malik mengatakan yang paling terpenting dari FDS ialah perubahan mensej KPM bahwa FDS merupakan bagian terpenting dari PKH.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TRY JULIANSYAH
Kegiatan FDS dilaksanakan  di Desa Kuala Secapah, Kecamatan Mempawah Hilir, belum lama ini. 

MEMPAWAH - Program Keluarga Harapan (PKH) sudah mulai masuk di Kabupaten Mempawah sejak dari tahun 2013 dengan berbagai kegiatan dilakukan.

Satu diantaranya Family Development Session (FDS) yang merupakan salah satu upaya dari bagian proses Program Keluarga Harapan (PKH), yang saat ini sedang digalakkan oleh Kementerian Sosial melalui Pendamping PKH disetiap daerah dampingannya.

"FDD ini juga sebagai bentuk edukasi terhadap Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dan kali ini FDS yang rutin dilaksanakan setiap bulan sekali dilakukan di Desa Kuala Secapah, Kecamatan Mempawah Hilir," ujar Koordinator Wilayah Kalbar 1, Abdul Malik Koordinator PKH Mempawah.

VIDEO: Inilah Paparan Nusakom Pratama untuk Hasil Survei Pilkada Bengkayang

Abdul Malik mengatakan yang paling terpenting dari FDS ialah perubahan mensej KPM bahwa FDS merupakan bagian terpenting dari PKH.

"FDS ini tidak hanya sekedar pertemuan tetapi didalam pertemuan tersebut diajarkan bagaimana menghayati hakikat PKH itu sendiri. Jadi bantuan tidak hanya sekedar menyalurkan bantuan tetapi ada makna disetiap penggunaan bantuan serta edukasi dalam proses berjalannya PKH itu sendiri" ucapnya.

Dia berharap agar KPM PKH bisa memanfaatkan bantuan ini sesuai dengan kebutuhan.

"Seperti periksa diposyandu disetiap bulannya bagi ibu hamil dan balita, menyekolahkan anak hingga SMA bagi anak sekolah," lanjut Abdul Malik.

Sementara itu Pendamping PKH Mempawah Hilir, Isna mengungkapkan bahwa  FDS dilakukan setiap bulan sekali, dengan materi yang berbeda beda sesuai dengan sesi.

"FDS ini dilaksanakan agar KPM bisa memahami bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik, pola pengasuhan anak, kesehatan gizi dan mengasuh lansia serta didalam pertemuan juga ada sejenis games yang mengedukasi" ujar Isna.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved