BANK Indonesia Dorong Pariwisata Jadi Sumber Ekonomi Baru

Ini untuk pengembangan PLBN, agar menjadi pusat ekonomi. karena PLBN Aruk ini cukup bagus, fasilitasnya lengkap, tinggal dimanfaatkan,"

BANK Indonesia Dorong Pariwisata Jadi Sumber Ekonomi Baru
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menyampaikan kata sambutan dan arahannya dalam Upacara pengukuhan kepala perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Barat, di kantor perwakilan BI Kalbar, Pontianak, Jumat (21/2/2020). Adapun kepala perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat dijabat oleh Agus Chusaini, menggantikan Prijono yang mendapat jabatan baru sebagai kepala group didepartemen ekonomi dan keuangan syariah kantor pusat Bank Indonesia.  

PONTIANAK - Deputi Gebernur Bank Indonesia (BI) Sugeng mengatakan, selain tugas pokok mengawal stabilitas inflasi dan pertumbuhan ekonomi, Bank Indonesia juga akan mendorong sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru, di antaranya sektor pariwisata pada tahun 2020 ini.

Hal ini disampaikannya usai pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat, dari Prijono kepada Agus Chusaini di Gedung BI Kalimantan Barat, Jumat (21/2/2020).

"Kita juga secara nasional ikut mendorong peran pariwisata.  Kami melihat potensi wisata yang cukup bagus disini, kalau dikelola ya, apalagi disini ada Sungai Kapuas. Kalau di Thailand itu menjadi sumber pariwisata," ujar Sugeng.

Dengan potensi yanga ada tersebut tentu perlu dimaksimalkan agar berdampak pada sektor perekonomian baru di Kalimantan Barat.

"Jadi kalau terjaga dengan bagus bisa menjadi suatu hal yang menarik," ujarnya

Selain pariwisata, Kalimantan Barat juga memiliki potensi sumber ekonomi baru, selain sektor pariwisata, sumber ekonomi baru yang dibisa terus dimaksimalkan di Kalbar adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Misalnya disini potensi UMKM, kami lihat hasil tenun-tenun disini luar biasa ya," ujarnya

Bank Indonesia memiliki program semacam kompetisi setiap, tahun dimana dari 46 kantor perwakilan mengutus UMKM dengan menampilkan produk terbaik.

"Jadi kita buat semacam kompetisi hasilnya luar biasa produk binaan UMKM BI ini," ujarnya

Produk-produk UMKM ini selanjutnya tentunya bisa dikembangkan hingga menyentuh pasar manca negara.

Berawal dari Nyeri Akibat Terjatuh, Pelajar SMP di Sekadau Dinyatakan Mengidap Tumor Ganas

Halaman
123
Penulis: Zulkifli
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved