Bertugas Awasi Pilkada 2020, Bawaslu Mulai Bentuk Struktur-struktur Kepengurusan

"Bawaslu ini mempunyai tugas pokok, tugasnya adalah pencegahan pengawasan dan penindakan di dalam penyelenggaraan pemilu," ujar Nur Soleh

Bertugas Awasi Pilkada 2020, Bawaslu Mulai Bentuk Struktur-struktur Kepengurusan
Tribunpontianak.co.id/Marpina Sindika Wulandari
Ketua Bawaslu kabupaten Sekadau Nur Soleh 

SEKADAU - Ketua Bawaslu kabupaten Sekadau Nur Soleh pastikan tugas dan kewajiban Bawaslu pada Pilkada 2020 dapat terlaksana dengan semestinya, Selasa (11/2/2020)

"Bawaslu ini mempunyai tugas pokok, tugasnya adalah pencegahan pengawasan dan penindakan di dalam penyelenggaraan pemilu," ujar Nur Soleh.

Berdasarkan Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 48/PUU-XVII/2019 tentang Permohonan Pegujian Undang-Undang 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota atau biasa disebut UU Pilkada.

Nur Soleh menyampaikan bputusan MK ini memberikan kepastian hukum legalitas Bawaslu Kabupaten/Kota dalam melaksanakan fungsi pengawasan dalam Pilkada 2020.

Bawaslu Sekadau Buka Posko Pengaduan Calon PPK, PPS, KPPS Pada Pilkada 2020

"Persiapan Bawaslu kabupaten Sekadau untuk melaksanakan tugas-tugasnya dalam pilkada tahun 2020 sedang membentuk struktur yang ada dibawahnya," ujarnya saat memberikan materi pada Rakor Persiapan Pilkada 2020 di Kabupaten Sekadau

Satu diantara struktur itu adalah dengan adanya Panwaslu Kecamatan yang sudah terbentuk di bulan Desember 2019.

Ketua Bawaslu Sekadau itu menjelaskan alasan Panwascam dibentuk terlebih dahulu sebelum pembentukan PPK, dikarena tugas dalam Bawaslu melakukan pengawasan terhadap rekrutmen lembaga Ad hoc yang ada di KPU.

Tak lupa pada kesempatan itu Nur Soleh mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau, maupun pihak Kecamatan

Yang sudah memberikan fasilitas baik fasilitas tempat, Sekretariat dan sumber daya manusianya dalam pelaksanaan rekrutmen Panwascam yang berjumlah 21 orang.

" Tanggal 10 Februari kemarin kita juga sudah menggumumkan bahwa kita akan melakukan rekrutmen terhadap Pengawas Desa. Pengawas Desa itu satu Desa, satu orang. Maka kita perlu 87 orang untuk mengisi formasi sebagai pengawas desa," terangnya

Selanjutnya 23 hari sebelum hari H pemilihan, Bawaslu juga akan membentuk pengawas TPS dengan jumlah TPS yang ditetapkan di Kabupaten Sekadau.

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Marpina Sindika Wulandari
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved