Cap Go Meh

Menteri Agama Fachrul Razi Wakili Presiden Jokowi Buka Cap Go Meh Singkawang, Pengunjung Mulai Padat

Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia, Fachrul Razi mewakili Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah hadir

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHOINO KRISTO SEBASTIANUS MELANO
Pengunjung mulai memadati rute pawai Tatung Cap Go Meh di Jalan Diponegoro, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Sabtu (8/2/2020). 

SINGKAWANG - Pengunjung mulai memadati rute pawai Tatung Cap Go Meh di Jalan Diponegoro, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Sabtu (8/2/2020).

Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia, Fachrul Razi mewakili Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah hadir.

Menag dijadwalkan akan membuka pawai Cap Go Meh 2020 di Kota Singkawang.

Akan tampil barongsai, naga, kilin, miniatur, seni budaya nusantara, drumband dan 813 Tatung dengan tandu dan tanpa tandu dari Kota Singkawang, Pontianak, Sungai Pinyuh, Bengkayang, Pemangkat dan Sambas serta dari luar Kalimantan Barat telah terdaftar sebanyak 11 tatung dari negeri Jiran Malaysia.

Peserta yang melakukan jalan pertama yakni drumband bendera merah putih, diikuti ritual Cap Go Meh kilin, naga, kelenteng, barongsai dan tatung-tatung.

Pengertian Cap Go Meh dan Fakta Atraksi Tatung di Singkawang

Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia, Fachrul Razi mewakili Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo akan membuka pawai Cap Go Meh 2020 di Kota Singkawang, Sabtu (8/2/2020) besok.
"Menteri agama mewakili presiden akan membuka Cap Go Meh 2020 Kota Singkawang," kata Ketua Panitia Festival Imlek 2571 dan Cap Go Meh 2020 Kota Singkawang, Tjhai Leonardi, Jumat (7/2/2020).
Leo belum bisa memastikan kehadiran menteri dan pejabat pusat lainnya yang akan hadir. Panitia baru mendapat konfirmasi kehadiran dari Menteri Agama. Selain itu beberapa anggota DPR RI telah melakukan konfirmasi kehadiran pada Cap Go Meh 2020 besok.
Akan tampil barongsai, naga, kilin, miniatur, seni budaya nusantara, drumband dan 813 Tatung dengan tandu dan tanpa tandu dari Kota Singkawang, Pontianak, Sungai Pinyuh, Bengkayang, Pemangkat dan Sambas serta dari luar Kalimantan Barat telah terdaftar sebanyak 11 tatung dari negeri Jiran Malaysia.
"Jalan pertama drumband bendera merah putih, diikuti ritual Cap Go Meh kilin, naga, kelenteng barongsai baru tatung-tatung," tuturnya.
Panitia sudah menyiapkan rencana dengan matang seperti membuat pagar betis supaya tidak menganggu yang lain, lancar dan tidak terjadi kemacetan.
Panitia memohon kerjasama semua pihak dan memberi kesempatan untuk melayani para wisatawan yang hadir dengan tenang dalam kegiatan-kegiatan peliputannya.
"Sehingga kita sebagai pelayan, mereka terkesan dan akan kembali. Ini untuk memajukan Kota Singkawang," harap Leo.
Sementara itu Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengajak seluruh masyarakat Kota Singkawang menjadi tuan rumah yang baik, ramah, menjaga keamanan, kenyamanan dan kebersihan lingkungan.
"Mari jadi tuan rumah yang baik menyambut tamu dengan ramah," katanya.
Ia juga mengharapkan masyarakat menjaga nama baik Kota Singkawang yang mengusung tema 'Budaya Pemersatu Bangsa' karena even ini merupakan even nasional, bahkan internasional.
Maka harus menjadi tugas utama untuk menjaga nama baik Kota Singkawang, sehingga pada even berikutnya orang akan ke Singkawang.
"Karena kalau kesan tak bagus itu akan justru merugikan Kota Singkawang," harap Chui Mie.
Polisi Beri Pengamanan
Kapolres Singkawang, AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo mengatakan Polres Singkawang dibantu TNI dan stakeholder lainnya siap memberikan pengamanan dalam menyukseskan Festival Imlek 2571 dan perayaan Cap Go Meh 2020 di Kota Singkawang.
Polres Singkawang mendirikan dua pos pengamanan yang berada di Stadion Kridasana dan disimpang bank BNI serta pos pelayanan di Singkawang Grand Mal.
"Kami siap memberikan pengamanan," katanya.
Polres Singkawang menerjunkan 881 personel yang akan mengamankan peserta tatung maupun masyarakat yang menyaksikan.
Polres Singkawang siap melakukan tindakan kepolisian yang diperlukan bila ada oknum yang ingin menganggu keamanan dan ketertiban selama Festival Imlek 2571 dan perayaan Cap Go Meh 2020 di Kota Singkawang.
"Insya Allah kami menjamin keamanan dan kelancaran serta keselamatan seluruh masyarakat baik Kota Singkawang atau pun luar Kota Singkawang," tuturnya.

Sebelumnya Sekretaris Panitia Festival Imlek dan Cap Go Meh 2020 Kota Singkawang, Bong Cin Nen, menyebutkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan membuka Festival Cap Go Meh 2020 Kota Singkawang pada Sabtu (8/2/2020) mendatang.

"Rencana awal yang akan dibuka oleh pak Presiden Joko Widodo, ternyata positif beliau datang," kata Bong Cin Nen, Rabu (29/1/2020).

Panitia telah mendapat informasi dari Dandim dan juga Pangdam bahwa positif Presiden Joko Widodo akan datang pada 8 Februari 2020 mendatang.

Pengamanan dan sebagainya akan diambil alih Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad.

Panitia sudah mempersiapkan bahan untuk presentasi kesiapan berkaitan dengan kunjungan Presiden untuk membuka Festival Cap Go Meh.

"Kita sudah persiapkan bahan untuk presentasi kesiapan di Kodam XII Tanjung Pura besok, pukul 09.30 WIB," tuturnya. 

Halaman
12
Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved