Dinas Kesehatan Imbau Masyarakat Tak Khawatir Berlebihan dengan Virus Corona

PHBS merupakan langkah utama untuk mencegah penyakit. Etika bersin dan batuk juga harus dijaga.

Dinas Kesehatan Imbau Masyarakat Tak Khawatir Berlebihan dengan Virus Corona
TRIBUN PONTIANAK/AGUS PUJIANTO
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang Harysinto Linoh 

SINTANG - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir berlebihan dengan merebaknya kasus virus Corona yang sudah menyebar ke sejumlah negara, termasuk Malaysia.

Pemerintah kata Sinto sudah mengambil langkah cepat dan sigap mengantisipasi masuknya virus yang berasal dari Wuhan Cina itu agar tidak masuk ke Indonesia, termasui di Sintang.

Di Kabupaten Sintang juga sudah melakukan langkah siaga dan antisipasi. Termasuk pihak rumah sakit. Menurut Sinto, yang terpenting saat ini, masyarakat gencar melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Virus Corona Mengancam Dunia, Rupinus Imbau Masyarakat Jangan Dulu ke Luar Negeri

"Masyarakat diharapkan agar tetap tenang. Yang terpenting, terapkan Pola hidup bersih dan sehat. Cuci tangan dengan sabun, lebih bagus dengan anti septik. Tidak memegang hidung mulut sebelum mencuci tangan setelah kegaiatn dari luar. Ini untuk berjaga jaga. Masyarakat sintang kita sampaikan informasi ini bukan untuk menambah khawatir , tapi untuk berjaga," beber Sinto.

Menurut Sinto, PHBS merupakan langkah utama untuk mencegah penyakit. Etika bersin dan batuk juga harus dijaga.

"Bagaimana mencegah ini supaya tidak terjadi penularan, batuk pulek harus beretika, menutup mulut, gunakan tisu, jangan batuk sembarangan. Hindari orang batu pilek. Penularan virus ini, teorinya menular dari hewan ke manusia, tetapi dicurigai ini sudah menular dari manusia ke manusia, walaupun ini baru kecurigaan sudah menular," kata Sinto.

Meski di Kabupaten Sintang belum ada lapioran virus corona, Sinto tetap mengimbau supaya masyarakat menerapkan PHBS. " Apabila mengalami batuk pilek demam, segera periksakan diri," imbau Harysinto Linoh.

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Penulis: Agus Pujianto
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved