VIDEO: KPMKB Surakarta Meriahkan Grebeg Sudiro, Tampilkan Kearifan Lokal Kalbar

Grebeg Sudiro tersebut merupakan kegiatan yang mengakulturasi kebudayaan Jawa dan Tionghoa

Citizen Reporter

Keluarga Pelajar Mahasiswa Kalimantan Barat (KPMKB) Surakarta menyemarakkan gelaran budaya tahunan di Kota Surakarta atau Kota Solo, yaitu Grebeg Sudiro.

Grebeg Sudiro tersebut merupakan kegiatan yang mengakulturasi kebudayaan Jawa dan Tionghoa.

Event ini diadakan untuk menyambut Imlek atau Tahun Baru Cina di kawasan Sudiroprajan, atau kawasan Pecinan di Kota Solo.

Daeng Lara satu diantara anggota KPMKB Surakarta menyebutkan ini merupakan keempat kalinya, KPMKB Surakarta turut serta dalam event tahunan yang sudah 13 kali digelar ini.

Setidaknya ada 62 kelompok kebudayaan yang mengikuti Grebeg dimulai dari depan Pasar Gede berjalan berarakan menuju Jalan Sudirman, lalu Jalan Mayor Kusmanto, dan kembali ke Jalan Urip Sumoharjo atau depan Pasar Gede, pada Minggu (19/1/2020) kemarin.

Kepala Dinas Koperas dan UKM Kalbar Apreasi RAT yang Digelar CU Keluarga Kudus

KPMKB Surakarta yang anggotanya terdiri dari sejumlah mahasiswa dan mahasiswi berasal dari berbagai wilayah di Kalimantan Barat, dalam kesempatan ini menunjukkan kemampuan kekebalan diri seperti layaknya perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang.

"Dari KPMKB Surakarta kami sekitar 27 orang dengan pakaian adat Melayu dan Dayak yang kamu bikin sendiri," jelasnya.

Daeng menyebutkan beda pada tahun sebelumnya KPMKB Surakarta menampilkan tarian kolaborasi Tionghoa, Dayak dan Melayu yang diiringi musik tradisional.

"Di tahun ini kita hanya bisa menampilkan atraksi sejenis tatung, karena untuk persiapan juga hanya empat hari," tuturnya.

Penulis: Destriadi Yunas Jumasani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved