Pemkot Singkawang akan Revitalisasi Pasar Beringin, Kawasan Sungai Jadi Spot Wisata Air

Revitalisasi akan menyasar sungai yang berada di area Pasar Beringin sampai dengan Jembatan Agen untuk dijadikan spot wisata air.

Pemkot Singkawang akan Revitalisasi Pasar Beringin, Kawasan Sungai Jadi Spot Wisata Air
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHOINO KRISTO SEBASTIANUS MELANO
Kapolda Kalbar, Irjen Didi Haryono beserta Satgas Pangan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Pasar Beringin, Jalan Hasan Saad, Kota Singkawang, Senin (18/12/2017). Hadir mendampingi Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie dan Kapolres Kota Singkawang AKBP Yury Nur Hidayat beserta jajaran. 

SINGKAWANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang melalui Dinas Perindustrian, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Singkawang akan merevitalisasi Pasar Beringin Singkawang pada tahun ini.

Untuk merevitalisasi Pasar Beringin, rencananya pada tahun ini pasar tersebut akan dibongkar untuk dibangun ulang dalam konteks yang lebih luas.

"Untuk desain secara menyeluruh mengenai kawasan Pasar Beringin Singkawang akan selesai di awal tahun 2020," kata Kepala Disperindagkop dan UKM Singkawang, Muslimin, Kamis (9/1/2020).

Revitalisasi bukan hanya Pasar Beringinnya saja, tetapi juga kawasannya agar bisa tertata dengan baik, yang pada akhirnya bisa menjadi tempat wisata dan kuliner.

Dishub Singkawang Revitalisasi Kawasan Kota Pusaka, Bakal Siapkan Kantong Parkir

Revitalisasi akan menyasar sungai yang berada di area Pasar Beringin sampai dengan Jembatan Agen untuk dijadikan spot wisata air.

Revitalisasi yang dilakukan bukan hanya menyasar pada pembangunan pasarnya saja.

Tetapi juga akan diupayakan dalam pengelolaan tentang limbah atau sampah-sampah khususnya yang ada di pasar tersebut.

Dengan demikian, para pedagang diharapkan tidak lagi membuang sampah-sampah ke dalam sungai yang pada akhirnya membuat kondisi sungai tidak terawat dan berbau.

"Karena harapan dari Bu Wali Kota bahwa Pasar Beringin nanti bukan hanya sebagai transaksi sembako dan sebagainya, tapi juga bisa menjadi salah satu bagian yang menyeluruh terkait dengan wisata dan kuliner," tuturnya.

Satu di antara pedagang ikan yang berjualan di area Pasar Beringin Singkawang, Rusdi menyambut baik rencana revitalisasi pasar yang akan dilakukan Pemkot Singkawang.

Halaman
12
Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved