Warga Dusun Kuang di Desa Sempatung Akhirnya Nikmati Listrik dari PLTMH

Pembangkit listrik tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 50KW untuk menerangi RT 5, Dusun Kuang yang berada di Desa Sempatung.

Warga Dusun Kuang di Desa Sempatung Akhirnya Nikmati Listrik dari PLTMH
TRIBUNPONTIANAK/ALFON PARDOSI
Peresmian PLTMH di Dusun Kuang, Desa Sempatung, Kecamatan Air Besar. 

LANDAK - Menjelang akhir tahun 2019, Dusun Kuang, Desa Sempatung Kecamatan Air Besar akhirnya mendapatkan kado terbaik bagi masyarakatnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang peresmiannya dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2019 lalu oleh Camat Air Besar, Heri Sarkinom.

Kepala Desa (Kades) Sempatung Timotius menyampaikan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pihak Pemerintah Kabupaten Landak yang telah mendukung pembangunan PLTMH menggunakan dana desa sebesar Rp. 375.639.000 tahun anggaran 2019.

Dirinya berharap pembangkit listrik tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 50KW untuk menerangi RT 5, Dusun Kuang yang berada di Desa Sempatung.

Yuk Kunjungi Air Terjun Sirin Punti, Objek Wisata di Sekadau yang Menjadi Sumber Daya PLTMH

"Kami berterima kasih kepada Pemkab Landak yang telah mendukung pembangunan PLTMH di Dusun Kuang."

"Kami berharap dengan adanya listrik tersebut masyarakat juga ikut merasakan kemerdekaan yang sebagaimana mestinya warga inginkan."

"Selain itu, kami juga berharap listrik yang telah diresmikan ini mampu mencukupi pasokan listrik bagi masyarakat sekitarny," ujar Timotius.

Camat Air Besar, Heri Sarkinom saat dimintai keterangan usai peresmian PLTMH Dusun Kuang menyampaikan pihaknya sangat mendukung bagi desa yang selalu berkontribusi bagi pembangunan infrastruktur untuk kemajuan yang akan datang.

"Wilayah kita ini (Air Besar) merupakan daerah yang paling banyak memiliki air terjun, semua ini berpotensi untuk mendukung pembangunan."

"Dengan memanfaatkan air terjun tersebut kita bisa menghasilkan listrik sendiri seperti Desa Dange Aji yang sudah beroperasi beberapa bulan lalu dan kini Dusun Kuang juga sudah memiliki listrik sendiri, tentunya ini kita dukung mengingat ini akan menjadi tolok ukur dalam kemajuan desa," jelas Heri.

Halaman
12
Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved