SMART WOMAN - Sri Bangga Menjadi Polsuspas, Hadapi Tantangan Jadi Pengalaman Berharga

Wanita kelahiran tahun 1999 ini, dahulu adalah seorang mahasiswi di Politeknik Negeri Pontianak yang mencoba berkarir di Kemenkumham Kalbar.

TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Polsuspas Lapas Perempuan Kelas IIA Pontianak, Sri Nurdiana. 

PONTIANAK - Polsuspas (Polisi Khusus Pemasyarakatan) merupakan sebuah Korps Polisi Khusus (Special Police) sekaligus PNS (Pegawai Negeri Sipil) pusat di bawah Kementerian Hukum dan HAM yang bertugas dengan tanggung jawab pengawasan, pembinaan, keamanan, dan keselamatan narapidana dan tahanan.

Di usianya yang masih muda, Sri Nurdiana telah bergabung ke korps tersebut.

Dan ternyata, wanita kelahiran tahun 1999 ini, dahulu adalah seorang mahasiswi di Politeknik Negeri Pontianak yang mencoba berkarir di Kemenkumham Kalbar.

"Saya sempat kuliah hingga semester tiga jurusan Akuntansi, di Polnep dan saat itu tahun 2017 ada pembukaan CPNS lalu saya dan beberapa teman lainnya mencoba untuk ikut."

"Alhamdulillah saya lulus hingga akhirnya bisa bekerja di bawah Kementerian Hukum dan Ham," ujarnya saat di temui di Lapas Penjara Perempuan (LPP) kelas 11A, Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

FOTO: Polsuspas Lapas Perempuan Kelas IIA Pontianak Sri Nurdiana

Sri mengatakan Anggota Polsuspas tersebar di berbagai Instansi Pemerintah seperti Rutan (Rumah Tahanan Negara), Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) dan Bapas (Balai Pemasyarakatan).

Sebelum menjadi Anggota Polsuspas, seseorang harus melalui seleksi yang ketat mulai dari tes CAT (Computer Assisted Tes), Tes Kemampuan Jasmani dan wawancara.

Lanjutnya, setelah dinyatakan lulus seleksi, Anggota Polsuspas dididik dengan kemampuan semimiliter seperti kemampuan fisik, kemampuan menembak menggunakan senjata api, bela diri dan lain-lain.

Bagi Sri, awal mula menjadi Polsuspas wanita tidaklah mudah.

Ia harus memiliki tubuh yang prima, dan juga kemampuan fisik untuk menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pertengkaran warga binaan, kericuhan, dan hal tak terduga lainnya.

Halaman
123
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved