PPNI Pusat Targetkan Program Satu Desa Satu Perawat

Yaitu satu desa satu perawat, sebagai upaya membantu percepatan terwujudnya desa mandiri.

PPNI Pusat Targetkan Program Satu Desa Satu Perawat
TRIBUNPONTIANAK/ANGGITA PUTRI
Foto Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Harif Fadhillah saat diwawancarai usai pembukaan Musyawarah Daerah yang ke-V PPNI Kalbar yang diselenggarakan di Hotel Orcardz Pontianak, Jumat (13/12/2019). 

PONTIANAK - Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Kalimantan Barat menggelar Musyawarah Daerah yang ke-V yang diselenggarakan di Hotel Orcardz Pontianak, Jumat (13/12/2019).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Harif Fadhillah mengatakan bahwa pihaknya tengah serius mengembangkan proyek percontohan.

Yaitu satu desa satu perawat, sebagai upaya membantu percepatan terwujudnya desa mandiri.

Proyek yang mereka namai One Village One Ners (OVON) itu saat ini sedang dikembangkan di enam daerah di Lampung dan Sulawesi Tenggara.

HUT PPNI ke-45, Tawarkan Solusi Masalah Kesehatan dengan Program Satu Desa Satu Perawat

Dengan rata-rata delapan puluh orang perawat di masing-masing kabupaten/kota.

"Sudah ada pilot project yang sudah berjalan setahun lebih."

"Itu kami buat di enam kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara dan Lampung. Program OVON ini atas keprihatinan kita terhadap pelayanan kesehatan di desa karena tidak ada fasilitas layanan kesehatan, kan."

"Karena, Puskesmas biasanya hanya ada di kecamatan. Ada juga puskesmas pembantu (pustu) di tingkat desa, tetapi kan tidak semua desa punya pustu," ujarnya.

Harif mengatakan bahwa program OVON ini disambut positif oleh Presiden Joko Widodo.

PPNI dikatakan dia juga tengah intens menjajaki komunikasi dengan sejumlah kementerian teknis guna mendorong program OVON jadi program nasional.

Halaman
12
Penulis: Anggita Putri
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved