Bawaslu Sekadau Gelar Tes CAT dan Tes Wawancara Peserta Panwascam Pilkada 2020

Memang dari Bawaslu RI itu, memberikan dalam satu hari 5 sesi. Tapi karena di Kabupaten Sekadau pesertanya tidak banyak, maka kita lakukan 2 sesi

Bawaslu Sekadau Gelar Tes CAT dan Tes Wawancara Peserta Panwascam Pilkada 2020
TRIBUNPONTIANAK/ MARPINA SINDIKA WULANDARI
Suasana Ujian berbasis komputer di Kantor Bawaslu Sekadau, bagi peserta Panwascam Kabupaten Sekadau untuk Pilkada 2020 mendatang, Jumat (13/12/2019) 

SEKADAU- Bawaslu Kabupaten Sekadau melaksanakan Tes Ujian Tertulis CAT dan Tes Wawancara bagi calon Panwaslu Kecamatan, di Kabupaten Sekadau, dalam rangka Pilkada serentak tahun 2020, di Kantor Bawaslu Sekadau, Jumat (13/12/2019)

Ketua Bawaslu Kabupaten Sekadau Nur Soleh menuturkan untuk di Kabupaten Sekadau, Tes Ujian Tertulis berbasis kompetensi ini dilaksanakan dalam 4 sesi.

Pelaksanaan Tes CAT dan Tes Wawancara di Bawaslu Kabupaten Sekadau hanya dilangsungkan selama 2 hari, yakni Jumat (13/12/2019) dan Sabtu (14/12/2019).

964 Calon Panwascam di Kalbar akan Lakukan Tes Tertulis Via Online

"Memang dari Bawaslu RI itu, memberikan dalam satu hari 5 sesi. Tapi karena di Kabupaten Sekadau pesertanya tidak banyak, maka kita lakukan 2 sesi saja," jelas Soleh.

Sementara pada pelaksanaan seleksi di sesi pertama, Nur Soleh menyebut semuanya berjalan dengan lancar. Meskipun fasilitas yang digunakan berupa leptop tidak banyak, yakni 20 unit.

"Hari ini, Jumat (13/12/2019) kita lakukan CAT hanya 2 sesi saja. Sesi pertama tadi sudah kita laksanakan dengan lancar, di sesi kedua nanti kita lanjutkan pukul 13:30 WIB setiap selesai seleksi peserta diwajibkan untuk mengikuti tes wawancara. 

Untuk penilaiannya, nilai CAT yang langsung dijumlahkan oleh Bawaslu RI akan digabungkan dengan nilai tes wawancara.

Sementara untuk jumlah peserta panwascam di Kabupaten Sekadau yang mengikuti seleksi saat ini adalah 66 peserta.

Nantinya dari 66 peserta itu akan lolos sebanyak 3 orang per kecamatan. Untuk Kabupaten Sekadau yang memiliki 7 kecamatan, maka total peserta yang lolos nantinya adalah 21 orang peserta.

"Terkait dengan pengumuman hasil seleksi ini kita menunggu instruksi selanjutnya. Tapi dari jadwal yang ada mungkin tanggal 19 Desember 2019 itu sudah dilakukan pengumuman di seluruh Indonesia terkait dengan Panwascam.

Ia pun berharap usai dilaksanakannya tes tertulis maupun wawancara tersebut. Masyarakat Kabupaten Sekadau juga turut aktif menginformasikan kepada pihak Bawaslu terkait calon-calon yang sudah mengikuti seleksi tersebut melalui,  media sosial WhatsApp, Instagram, Facebook, atau website resmi Bawaslu Kabupaten Sekadau.

" Karena informasi tersebut sangat kita butuhkan. Karena kita menginginkan panwaslu yang berintegritas, yang tidak ada afiliasi terhadap kepentingan calon ataupun partai politik.

Ia pun menjelaskan alasan rekrutmen Panwaslu didahulukan dari lembaga KPU  karena Bawaslu ingin dalam proses rekrutmen di lembaga Ad Hoc PPK juga ada yang mengawasi.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak 

Penulis: Marpina Sindika Wulandari
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved