Bupati Atbah Serahkan KIS dan Bantuan untuk Lanjut Usia dari Program Penangulangan Kemiskinan

Bupati mengatakan, sebelum dilaksanakan penyerahan. Maka sudah dilakukan beberapa rangkaian dan verivikasi data.

Bupati Atbah Serahkan KIS dan Bantuan untuk Lanjut Usia dari Program Penangulangan Kemiskinan
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Humpro Setda Sambas
Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili saat menyerahkan kartu KIS dan Bantu LU di Kecamatan Tebas. 

SAMBAS - Bertempat di Gedung Serbaguna, Kecamatan Tebas.

Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili, menyerahkan langsung Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin dan Penyerahan Bantuan Bertujuan Lanjut Usia (Bantu LU) yang diterima langsung oleh para penerima bantuan.

Bupati mengatakan, sebelum dilaksanakan penyerahan.

Maka sudah dilakukan beberapa rangkaian dan verivikasi data.

"Terlaksananya kegiatan ini tentu telah melalui beberapa rangkaian, mulai dari kegiatan verifikasi calon peserta penerima bantuan iuran jaminan kesehatan," ujarnya, Senin (9/12/2019).

"Ketepatan sasaran terhadap berbagai program penanggulangan kemiskinan hingga warga mendapatkan Kartu Indonesia Sehat dan bantuan Bertujuan Lanjut Usia, agar program penanggulangan kemiskinan dapat terwujud," sambungnya.

Gelar Silaturahmi, Mahasiswa Kapuas Hulu di Sintang Damba Bantuan Pemerintah

Dengan kata lain, kata Atbah, agar program penerima bantuan iuran (PBI) dan bantuan lanjut usia (Bantu LU) yang dibayar oleh pemerintah berhasil dan tepat sasaran.

Karenanya penting, tentang kepemilikan data yang akurat dan up to date merupakan suatu keharusan.

"Sesungguhnya membangun Desa tanpa disertai dengan data yang akurat dan up to date akan menimbulkan berbagai permasalahan di lapangan," ungkapnya.

Karenanya kata Atbah, perlu komitmen bersama untuk mewujudkan data yang baik, khususnya data terkait bidang miskin.

"Untuk itu diperlukan komitmen kita bersama dalam membangun database yang sama mulai dari pemerintah desa, pemerintah daerah, provinsi bahkan sampai ke tingkat pusat melalui teknologi informasi yang sudah diatur dalam undang-undang nomor 13 tahun 2011 tentang penanganan fakir miskin," jelasnya.

Untuk itu, ia berharap semoga Kartu Indonesia Sehat (KIS) dapat digunakan oleh masyarakat yang kurang mampu, untuk mengakses pelayanan kesehatan.

Begitu juga dengan bantuan untuk lanjut usia kata Atbah, semoga bisa dapat meningkatkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat yang sudah lanjut usia.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Sambas menyambut baik dengan adanya kegiatan ini, semoga program ini berjalan lancar sesuai dengan yang kita harapkan," tutupnya.

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved