Citizen Reporter

Mahasiswa Daerah Harus Membangun Daerah

Di pundak mahasiswa terdapat tanggung jawab dan berjuta harapan dari bangsa indonesia yang merindukan kemajuan dan kemakmuran.

Mahasiswa Daerah Harus Membangun Daerah
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Mahasiswa Administrasi Publik 2019, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Untan, Mutiara Afriani Sari 

Citizen Reporter

Mahasiswa Administrasi Publik 2019, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Untan, Mutiara Afriani Sari

PONTIANAK - Mahasiswa adalah agen perubahan, generasi yang penuh semangat untuk berkreatifitas yang menjadi tumpuan harapan bangsa untuk keluar dari keterpurukan.

Di pundak mahasiswa terdapat tanggung jawab dan berjuta harapan dari bangsa indonesia yang merindukan kemajuan dan kemakmuran.

Kreatifitas adalah karya nyata mahasiswa memerlukan ruang implementasi yang luas serta memerlukan apresiasi dan dukungan dari semua pihak untuk mendorong lahirnya terobosan terobosan baru yang memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dan bangsa.

Mahasiswa sebenarnya dituntut untuk karya-karya nyata dan sumbangsih yang positif untuk memacu munculnya karya-karya lain yang jauh lebih bermanfaat untuk bangsa dan negara tercinta Indonesia dimasa yang akan datang.

Terkait Desain Tata Kota Calon Ibu Kota Provinsi Kapuas Raya, Ini Penjelasan Jarot Winarno

Berhubung saya adalah Mahasiswa yang berasal dari daerah, saya ingin Berbicara tentang "Mahasiswa daerah harus membangun daerah" terkait judul yang saya buat dalam tulisan saya ini, artinya adalah saya ingin lebih menspesifikasikan tulisan saya ini terkait peran mahasiswa dalam membangun daerah, karna saya pikir ini adalah termasuk tugas dan tanggung jawab mahasiswa didalam Tri Darma, yaitu : Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, yang terakhir adalah Pengabdian kepada Masyarakat. Semuanya itu adalah termasuk visi dan tujuan yang harus dicapai oleh perguruan tinggi, artinya dari perguruan tinggipun harus dapat melahirkan orang-orang yang memiliki daya juang yang tinggi, diri yang di selimuti oleh pemikiran² yang kristis, kreatif, mandiri, inovatif, dan sebagainya.

Sebelum jauh berbicara tentang bagaimana peran mahasiswa dalam membangun Daerah, sebenarnya hal utama yang wajib bagi mahasiswa adalah dapat memahami dan memaknai dari pada mahasiswa itu sendiri, mulai dari siapa itu mahasiswa, peran mahasiswa, kewajiban mahasiswa, serta dikaitkan dengan mahasiswa adalah agen of change, atau agen perubahan.

Lalu bagaimana implementasi mahasiswa untuk melakukan perubahan terkhusus untuk sekitarnya dan katakan saja itu daerah sendiri ketika mahasiswa tersebut selelsai menempuh pendidikan di perguruan tinggi, sesuai tri darma perguruan tinggi point yang ke tiga adalah pengabdian kepada masyarakat.

Mahasiswa adalah bagian dari masyarakat yang sudah pasti akan kembali ke masyarakat. Hanya saja Mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan setelah Sekolah Menengah Atas untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi dan punya kesempatan untuk mendapatkan wawasan yang luas dan bisa menguasai ilmu pada bidang tertentu terkait program studi yang diambil.

Halaman
123
Penulis: Anesh Viduka
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved