Sukiryanto Pimpin Kunker Komite IV DPD RI ke Sumut, Jadi Penyeimbang Kepentingan Daerah dan Pusat

Kendala tersebut, kata dia, juga seperti pergantian personil administrasi Siskeudes ketika bergantinya kepala desa.

Sukiryanto Pimpin Kunker Komite IV DPD RI ke Sumut, Jadi Penyeimbang Kepentingan Daerah dan Pusat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Suasana saat Komite IV DPD RI menggelar kunjungan kerja ke Sumatera Utara. Kunker ini dipimpin oleh anggota DPD RI asal Kalbar, H Sukiryanto, Senin (25/11/2019). 

PONTIANAK - Komite IV DPD RI menggelar kunjungan kerja ke Sumatera Utara. Kunker ini dipimpin oleh anggota DPD RI asal Kalbar, H Sukiryanto, Senin (25/11/2019).

H Sukiryanto menerangkan kunker ini dalam rangka rapat dengan BPKP di Sumut membahas tentang Siskeudes yang berbasis aplikasi dan beberapa kendala dalam pengelolaan keuangan desa sehingga dapat menyerap dan melaporkan dana desa lebih baik lagi.

Kendala tersebut, kata dia, juga seperti pergantian personil administrasi Siskeudes ketika bergantinya kepala desa.

"Komite IV DPD RI tentu mengapresiasi atas komitmen jajaran Pemda Sumut dengan menghadirkan perwakilan dari setiap kabupaten kota, beberapa anggota DPRD dari beberapa kabupaten serta hadirnya jajaran kepala desa yang hadir melalui Apdesi," katanya.

Walaupun diungkapkan pula oleh H Sukiryanto, dalam kesempatan tersebut Apdesi menyampaikan kurangnya komitmen Pemda Sumut dalam penyertaan modal kepada BumDes, sedangkan mereka dituntut untuk membuat BumDes dan tidak boleh menyertakan modal melalui dana desa.

Kunker ke Bandara Supadio, Komisi V Minta Manajemen Fokus Layani Mudik Natal dan Tahun Baru

Maka dari itu, H Sukiryanto dalam paparannya juga menyatakan DPD RI melalui komite IV akan terus berkomitmen akan tetap menjadi perwakilan daerah dimana akan menjadi penyeimbang kepentingan daerah dan pusat.

"Sehingga kendala yang ada di daerah dengan keinginan dari pusat akan bisa seiring sejalan dan tentunya dengan pengawasan yang baik oleh pihak terkait.

"Dimana satu diantaranya boleh BPKP sehingga arah dari dana desa pada khususnya dalam fokus pembicaraan pada sore hari ini dapat dimanfaatkan untuk pengembangan desa," katanya.

Ia pun berharap, agar kemudian dapat memimpin rapat serupa di dapilnya Kalbar.

"Semoga saya bisa memimpin rapat didaerah sendiri yang didukung oleh pemda provinsi, kota, kabupaten sampai ke desa," pungkasnya.

Halaman
123
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved