Maklumi Banjir Landa Pontianak, Anggota DPD RI Ungkap Hal Ini

Untuk hal karena sumbat dan saluran kecil masyarakat bisa, tapi kalau sudah alam susah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIDHO PANJI PRADANA
Satu diantara senator asal Kalbar, Christiandy Sanjaya. 

PONTIANAK - Satu diantara senator asal Kalbar, Christiandy Sanjaya memaklumi banjir ataupun genangan yang melanda Kota Pontianak kemarin hingga hari ini.

Menurut mantan Wagub Kalbar dua periode ini, satu diantara faktor penyebabnya memang karena daerah Pontianak yang rendah.

"Kalau kemarin saya sendiri keliling karena saya sudah sampai disini dari kemarin. Kasusnya dari dulu seperti ini karena kita daerah yang rendah, delta, kemarin air pasang kena hujan otomatis akan banjir, apalagi ditambah parit dan aliran sungai yang memperparah karena kecil ataupun sumbat," katanya, Minggu (24/11/2019)

Lebih lanjut, peraih suara terbanyak untuk DPD RI dapil Kalbar pun meyakini jika Pemkot akan bisa menyelesaikan permasalahan banjir ini.

VIDEO: Hearing Kenaikan Iuran BPJS, Ini Tiga Tuntutan Mahasiswa

"Untuk hal karena sumbat dan saluran kecil masyarakat bisa, tapi kalau sudah alam susah, kita hanya sifat mencegah, saya yakin pemkot bisa apalagi Pak Edi (Wali Kota, red) backgroundnya tata kota," tukas Christiandy Sanjaya.

Jangan Panik

Sejumlah kawasan di Kota Pontianak terandam setelah diguyur hujan dengan intensitas lebat sekitar dua jam.

Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan menyebutkan kalau di Pontianak ini sebenarnya bukan banjir, tapi hanya genangan air, memang kadang setiap tahun ini terjadi.

Ia menjelaskan genangan ini terjadi karena air hujan lambat turun ke Sungai Kapuas, karena air pasang laut bersamaan atau air pasang laut itu belum surut sedangkan hujan turun dengan intensitas tinggi.

Banjir di Tiga Desa Kecamatan Hulu Gurung Sudah Surut

"Kan memang untuk hari ini dan beberapa hari ke depan prediksi BMKG dan dimuat Tribun Pontianak hari ini bahwa hujan lebat disertai angin kencang. Jadi kepada masyarakat jangan panik ini semacam kondisi alam di Kota Pontianak, kadang setiap tahun seperti itu," ucap Bahasan, Sabtu (23/11/2019).

Halaman
123
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved