Pengerjaan Jembatan Landak Butuh Waktu Satu Bulan, Seluruh Lantainya Dibongkar

Ia menegaskan perbaikan ini dilakukan sebelum adanya kejadian yang tidak diinginkan karena kondisi jembatan yang sudah tua.

Pengerjaan Jembatan Landak Butuh Waktu Satu Bulan, Seluruh Lantainya Dibongkar
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Sejumlah pengendara roda dua sudah dapat melintasi duplikat Jembatan Landak di Jalan Sultan Hamid II, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (29/5/2019). Untuk sementara baru sepeda roda dua yang diperbolehkan melintas di jembatan yang jalan naik dan turunnya belum siap tersebut. 

PONTIANAK - Masa perbaikan Jembatan Landak menurut Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah XX Potianak, Junaidi memakan waktu minimal 30 hari atau satu bulan.

Ia menjelaskan perbaikan total pada jembatan tersebut, karena lantainya sudah rusak akibat termakan usia.

"Jembatan Landak atau jempatan yang lama itu sudah termakan usia, lantainya rusak terus, memang harus ada pemeliharaan dan perbaikan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan," ucap Junaidi saat diwawancarai Tribun Pontianak, Rabu (20/11/2019).

Ia menegaskan perbaikan ini dilakukan sebelum adanya kejadian yang tidak diinginkan karena kondisi jembatan yang sudah tua.

Tanggapi Penutupan Jembatan Landak, Satarudin: Jangan Sampai Membuat Macet Parah

Selama ini perbaikan yang dilakukan tidak pernah menyeluruh pasalnya akses itu adalah satu-satunya yang menghubungkan Pontianak Timur ke Pontianak Utara.

"Kita butuh waktu paling tidak satu bulan untuk mengerjakan perbaikan Jembatan Landak ini, karena seluruh lantainya akan dibongkar dan docor ulang hingga pengaspalan," jelasnya.

Untuk perbaikan seperti yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini, Junaidi menjelaskan memang harus ditutup total.

"Memang lantainya itu harus diganti semua, karena sudah termakan umur yang lama. Kita akan dibongkar semua lantainya sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," ucapnya.

Sebelum melakukan pengerjaan yang diprediksinya memakan waktu paling cepat 30 hari ini, terlebih dahulu dilaksanakan koordinasi antar forum lalulintas guna mengantisipasi kemacetan dan kesiapan Duplikasi Jembatan Landak khususnya jalan penghubungnya.

Ujicoba dilaksanakan selama empat hari, apabila sukses dan tidak ada kendala, Junaidi tegaskan pengerjaan perbaikan Jembatan Landak akan dimulai dan pihaknya akan membongkar seluruh lantai jembatan.

Halaman
123
Penulis: Syahroni
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved