Demokrat dan Golkar Utamakan Kader, Pengamat: Tunjukan Kapasitas

Pengamat Politik Yulius Yohanes Bicara pilkada serentak 2020 kali ini cukup menarik dan tentunya menentukan masa depan partai

Demokrat dan Golkar Utamakan Kader, Pengamat: Tunjukan Kapasitas
TRIBUPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Pengamat Politik Untan Yulius Yohanes 

Demokrat dan Golkar Utamakan Kader, Pengamat: Tunjukan Kapasitas

PONTIANAK - Pengamat Politik Yulius Yohanes Bicara pilkada serentak 2020 kali ini cukup menarik dan tentunya menentukan masa depan partai karena partai tentunya berlomba-lomba berusaha untuk menyelamatkan hidup partai melalui perjuangan kader atau anggota partai sebagai ujung tombak partai.

Dalam merealisasikan cita-cita partai sebagai partai yang bisa merebut hati pemilih sesuai harapan masyarakat khususnya ketika ada kontestasi pemilihan kepala daerah yang serentak di beberapa daerah di seluruh Indonesia dengan program yang langsung meyentuh kepentingan publik.

Seperti partai politik Golkar dan Demokrat yang telah menyatakan ke publik bahwa partai tersebut mengutamakan kader partai untuk diusung menjadi calon kepala daerah sebagai skala prioritas.

Tentunya sangat beralasan karena kader partai adalah bagian utama yang harus di dorong partai Golkar dan partai Demokrat sebagai penghargaan partai yang selama ini sudah besama-sama partai membesarkan partai baik dalam kondisi susah maupun senang dalam keluarga besar partai.

Baca: Demokrat Segera Konsolidasi Internal Pasca Pergantian Suryadman Gidot

Baca: Menakar Peluang Partai Demokrat Dapat Jatah Kursi Menteri, Belum Ada Kader Demokrat Dipanggil Jokowi

Baca: Erma S Ranik Pimpin Demokrat Kalbar Hingga Musda 2022

Disamping kader partai tentu sudah dapat memahami kebutuhan partai kedepan sehingga tidak di ragukan lagi untuk bagaimana setelah terpilih sebagai kepala daerah dapat memenuhi kebutuhan partai dan memberikan kontribusi yang baik dalam partai tersebut.

Elektibikitas dalam mempertahankan dan membesarksn partai khususnya Golkar dan Demokrat sangat dibutuhkan partai untuk masa depan partai sehingga kemungkinan-kemungkina yang dapat merugikan di tubuh partai sangat kecil kemungkinan.

Ibarat kepatuhan seorang anak terhadap orang tua tidak mungkin durhaka, karena kalau dia lakukan tentu akan merugikan dia sebagai kader dan secara otomatis membunuh dirinya sendiri dan tentu ini kemungkinan kecil terjadi.

Tentu alternatif yang lain selain prioritas kader yang harus diutamakan, tentunya tidak menutup kemungkinan partai Politik Golkar dan Demokrat harus mencari alternatif ketika kader partai politik yang ada di daerah dalam wilayah pilkada serentak dan kader partai tidak ada yang dapat dijual ke publik di daerah pemilihan karena track record dan rekam jejaknya di wilayah tersebut sudah kurang atau tdk baik di mata publik.

Tentu partai politik Golkar maupun Demokrat harus bisa mencari calon kepala daerah di luar kader atau bukan kader yang tentunya dengan kreteria yang baik dengan track record yang membumi dengan cara melakukan survei internal maupun external untuk mencari calon kepala daerah yang bisa dijual ke publik yang berintegetitas untuk dapat memperjuangkan kepentingan publik lewat kepala daerah dari mekanisme yang disepakati partai untuk diusung oleh partai politik yang dapat di pertanggung jawabkan baik dalam partai politik itu sendiri maupun masyarakat pemilih.

Tentunya dengan kriteria calon kepala daerah yang baik dan dapat dijual ke publik merupakan pilihan yang tepat bagi partai politik Golkar dan Demokrat untuk mempertahankan kredibilitas partai dimata publik, karena publik atau rakyat sangat menentukan apakah pilihan mereka sudah tepat atau tidak.

Tentu dengan kaca mata publik atau masyarakat dalam Menentukan pilihan sangat ditentukan dari calon partai di pilkada terkait track record, rekam jejak, nilai jual, kredibilitas dan lain-lain bukan berdasarkan dari hal yang lain seperti kader partai saja.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved