Dukung Perusahaan Sawit Bermitra dengan Masyarakat, Bupati Jarot Harpkan Hal Ini

Jarot berharap kemitraan seperti ini dapat berlanjut dan dapat berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di kawasan perbatasan ini.

Dukung Perusahaan Sawit Bermitra dengan Masyarakat, Bupati Jarot Harpkan Hal Ini
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
TANAM PERDANA: Bupati Sintang, Jarot Winarno melakukan tanam perdana kebun kelapa sawit kemitraan PT. Mitra Nusa Sarana (MNS) di Desa Sakih, Kecamatan Ketungau Hulu, selasa lalu. Ada enam koperasi yang menjadi mitra perusahaan sawit yang baru ditanam tersebut.   

Dukung Perusahaan Sawit Bermitra dengan Masyarakat, Bupati Jarot Harpkan Hal Ini

SINTANG - Bupati Sintang, Jarot Winarno melakukan tanam perdana kebun kelapa sawit kemitraan PT. Mitra Nusa Sarana (MNS) di Desa Sakih, Kecamatan Ketungau Hulu, selasa lalu. Ada enam koperasi yang menjadi mitra perusahaan sawit yang baru ditanam tersebut.

Jarot Winarno mengapresiasi PT Mitra Nusa Sarana (group perusahaan DSN) atas komitmen perusahaan dalam bekerjasama dengan masyarakat.

Jarot berharap, kerjasama perusahaan dengan koperasi kemitraan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Baca: VIDEO: Kepala Sekolah di Sintang Tewas Ditusuk, Tersangka Beberkan Hal Ini

Baca: Polres Ketapang Imbau Warga Ketapang Gunakan Kunci Ganda Kendaraan

Menurut Jarot, pemerintah sangat mendukung program kemitraan yang melibatkan langsung masyarakat yang bernaung dengan perusahaan.

Kedepan, Jarot berharap kemitraan seperti ini dapat berlanjut dan dapat berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di kawasan perbatasan ini.

 “Dalam memenuhi kebutuhan sekarang ini, tidak boleh melupakan generasi yang akan datang. Jangan sampai keberhasilan mengorbankan generasi mendatang. Harus ada keseimbangan, antara perekonomian masyarakat, menjaga lingkungan hidup dan adat istiadat,” pesan Jarot.

 Ada enam koperasi yang bermitra dengan PT MSN—Grup Dharma Satya Nusantara (DSN)—yang tersebar di Kecamatan Ketungau Hulu dan Ketungau Tengah, antara lain: Koperasi Tebelian Tebang Ketupung di Desa Mungguk Entawak; Koperasi Pedian Jaya Bersatu di Desa Nanga Bugau; Koperasi Empura Jaya Bersatu di Desa Empura; Koperasi Mungguk Kunyung Mangsang di Desa Suak Medang; Koperasi Kelampai Jaya Bersatu di Desa Sekaih dan Desa Sungai Bugau, serta Koperasi Berangan Payan Jaya di Desa Kubu Berangan dan Desa Mungguk Gelombang.

Regional Head PT. MNS, Masrudin Purba menyebut, kemitraan perusahaan dengan koperasi ini terbentuk berkat bekerja sama dengan Pemerintahan Desa  yang difasilitasi oleh Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi Kabupaten Sintang untuk membentuk koperasi kemitraan.

 Masrudin memastikan, sejak dimulainya tanam perdana di kebun kemitraan ini, kedepan pihaknya akan terus bekerjasama dengan masyarakat yang bermitra melalui koperasi, khususnya dalam pengembangan lahan dan penanaman.

 “Dengan kerjasama yang baik, rencana pembangunnan minyak sawit di sekitar kebun dapat terlaksana. Kami juga akan bekerjasama dengan pemerintah untuk membina koperasi dan petani,” kata Masrudin.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak
 
Penulis: Agus Pujianto
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved