Puskesmas Putussibau Utara Raih Akreditasi Paripurna

Setelah tiga tahun berlalu, Puskesmas Putussibau Utara disurvei ulang (resurvei) dari tanggal 27-30 Agustus 2019.

Puskesmas Putussibau Utara Raih Akreditasi Paripurna
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SAHIRUL HAKIM
Proses penilaian dari FKTP Kementerian Kesehatan RI, terhadap Puskesmas Putussibau Utara. Akhirnya berhasil mendapatkan akreditasi paripurna. 

Puskesmas Putussibau Utara Raih Akreditasi Paripurna

KAPUAS HULU - Puskesmas Kecamatan Putussibau Utara, berhasil mendapatkan akreditasi paripurna dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dari Kementerian Kesehatan RI.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Nazarudin menyatakan sebelum meraih akreditasi Paripurna, Puskesmas Putussibau Utara sudah pernah dilakukan survei perdana pada tahun 2016.

"Setelah tiga tahun berlalu, Puskesmas Putussibau Utara disurvei ulang (resurvei) dari tanggal 27-30 Agustus 2019. Resurvei bertujuan untuk melihat proses pelayanan kesehatan tetap sesuai standart. Adapun hasil survei akreditasi perdana hasil Utama," ujarnya kepada wartawan, Selasa (15/10/2019).

Nazarudin menjelaskan, mendasari Puskesmas Utara meraih bintang empat dari Kemenkes RI tersebut, karena mampu mencapai standar yang telah ditetapkan dari aspek administari dan manajemen (Admen), Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP).

"Untuk mempertahankan mempertahankan predikat Paripurna ini, kami akan melakukan pendampingan pasca akreditasi setiap 6 bulan. Dimana melakukan Bimbingan Teknis dan Monitoring Pelaksanaan Program program dan kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas," ucapnya.

Baca: VIDEO: Sejumlah Truk Antre di Penyeberangan Feri Pontianak

Baca: Ustadz Abdul Somad (UAS) Undur Diri dari Dosen, UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru Angkat Bicara

Selain itu kata Nazaruddin, meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia Puskesmas, baik secara kualitas dan kuantitas, agar tetap sesuai dengan standart pelayanan, dan meningkatkan sarana dan prasarana penunjang pelayanan kesehatan.

"Pastinya kami berharap, Puskesmas yang ada di Kapuas Hulu dapat terpacu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Bukan hanya di Kapuas Hulu, tapi Puskesmas di Kalbar bisa terpacu dengan raihan bintang empat ini. Apalagi di Kalbar baru satu Puskesmas yang meraih akreditasi Paripurna yakni Puskesmas Putussibau Utara," ungkapnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved