50 Siswa Asyik Belajar Kimia Sambil Kemah di Danau Sebedang

Diki Arianto mengatakan bahwa agenda kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Sayangnya, setiap tahunnya selalu berpindah lokasi.

50 Siswa Asyik Belajar Kimia Sambil Kemah di Danau Sebedang
TRIBUN FILE
Para peserta dan Panitia Chemistry Goes To Camp di Danau Sebedang, Kabupaten Sambas, 9-11 Oktober 2019. 

Citizen Reporter
Sumiati Hanjarvelianti
Panitia Chemistry Goes To Camp 2019

50 Siswa Asyik Belajar Kimia Sambil Kemah di Danau Sebedang

SAMBAS - Chemistry Goes To Camp diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia (Himdikim) Universitas Muhammadiyah (UM) Pontianak, bekerja sama dengan Program Studi Pendidikan Kimia Pontianak.

Danau Sebedang di Kabupaten Sambas dipilih menjadi lokasi pelaksanaan Chemistry Goes To Camp, 9-11 Oktober 2019. Sebanyak 50 siswa dari sejumlah siswa/i SMA/SMK/MA di Kabupaten Sambas tampak gembira mengikuti acara tersebut.

Ketua Panitia Chemistry Goes To Camp, Diki Arianto, mengatakan bahwa ada beberapa rangkaian acara yang diikuti oleh peserta. Mereka berkemah sambil menjelajah yang dirangkai dengan outbound.

"Pada saat menjelajah ada tiga posko, di mana di setiap posko terdapat beberapa tantangan berupa soal-soal kimia, praktikum sederhana, serta media permainan kimia," ungkap Diki.

Adapun kesan dan pesan yang disampaikan oleh peserta, di antaranya bahwa kimia itu asyik, kegiatannya menarik dan tidak sesulit seperti dalam pelajaran. Peserta pun berharap kegiatan Chemistry Goes To Camp ini tetap terus belanjut dan kembali dilaksanakan di Kabupaten Sambas.

Menanggapi harapan ini, Diki Arianto mengatakan bahwa agenda kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Sayangnya, setiap tahunnya selalu berpindah lokasi.

"Tahun 2017 dilakukan di Pantai Kura-Kura Beach, Kabupaten Bengkayang. Pada tahun 2018 di lakukan di Sintang. Dan pada tahun ini dilakukan di Danau Sebedang, Kabupaten Sambas dengan seluruh pesertanya dari sekolah-sekolah Kabupaten Sambas.

Dosen pembimbing kegiatan, Nurdianti Awaliyah mengatakan bahwa banyak orang beranggapan bahwa kimia itu pelajaran yang sulit.

"Lewat kegiatan ini kami dari Prodi Pendidikan Kimia FKIP UM Pontianak ingin mengenalkan kepada siswa/i bahwa belajar kimia dapat kita lakukan dengan asyik dan menyenangkan," katanya.

Contohnya adalah dengan belajar kimia di alam seperti pada kegiatan Chemistry Goes To Camp. "Di mana pada kegiatan ini kita akan lebih mengenal kimia lebih menarik dengan metode belajar sambil bermain dan berkemah," katanya.

Panitia pun mengucapkan terima kasih atas partisipasi SMAN 1 Tebas, SMAN 2 Tebas, SMAN 1 Sebawi, MAN Insan Cendekia Sambas, MAN Kota Singkawang, SMK 1 Sambas, SMA 1 Pemangkat dan SMAN 3 Kubu Raya. Semoga berjumpa kembali di acara Chemistry Goes To Camp yang ke-4. (*)

Penulis: Arief
Editor: Arief
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved