Peringati HUT HKN ke-55, Dinas Kesehatan Singkawang Galakkan Germas Lewat Sunatan Massal

Antin Suprihatin mengatakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-55, Pemerintah Kota Singkawang

Peringati HUT HKN ke-55, Dinas Kesehatan Singkawang Galakkan Germas Lewat Sunatan Massal
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (KB) Kota Singkawang menggelar sunatan massal aula Dinas Kesehatan dan KB dan UPT Puskesmas Singkawang Timur, Jumat (4/10/2019). 

Peringati HUT HKN ke-55, Dinas Kesehatan Singkawang Galakkan Germas Lewat Sunatan Massal

SINGKAWANG - Sekretaris Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (KB) Kota Singkawang, Antin Suprihatin mengatakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-55.

Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang menyelenggarkan berbagai kegiatan antara lain sunatan massal, upacara dan resepsi HKN, perlombaan dan OR, kegiatan ilmiah, jalan santai, lomba mewarna gambar, senam peregangan dan kegiatan bakti sosial.

"Tujuan kegiatan HKN adalah untuk meningkatkan kualitas kesehatan dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait, pemerintah hingga masyarakat untuk menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dalam kehidupan sehari-hari," katanya, Minggu (6/10/2019).

Lebih lanjut Ia menerangkan, GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat untuk mewujudkan kesehatan semesta bagi semua.

Baca: Bupati Mempawah Hadiri HKN dan Peresmian Kantor Unit Metrologi Legal Mempawah di Bandung Jawa Barat

Baca: Peringati HKN Ke-54, Dinkes Ketapang Gelar Berbagai Kegiatan

Antin yang juga sebagai ketua penyelenggara menjelaskan rangkaian HKN ke-55 di Kota Singkawang diawali dengan kegiatan sunatan massal yang telah diselenggarakan, Jumat (4/10/2019) dan diikuti oleh 60 anak dari lima kecamatan.

Pelaksanaan sunatan massal dilakukan di aula Dinas Kesehatan dan KB dan UPT Puskesmas Singkawang Timur, yang melibatkan tenaga kesehatan di 10 UPT PKMm

"Peserta sunatan massal juga mendapat bingkisan berupa baju koko, kain sarung dan peci dari panitia penyelenggara," tuturnya.

Tujuan dari kegiatan sunatan massal adalah untuk menghidupkan kembali budaya dan syiar dalam masyarakat, membantu masyarakat untuk memahami serta melaksanakan khitan sesuai dengan perintah dan ajaran agama.

Selain itu untuk meringankan beban masyarakat dari sudut pandang ekonomi juga mengurangi risiko infeksi penyakit seksual menular dan menjaga dan melindungi organ seksual laki-laki agar selalu sehat.

"Melalui sunatan massal ini merupakan peluang untuk berbagi kebahagiaan dari para insan kesehatan dan organisasi profesi yang ada di Kota Singkawang kepada masyarakat untuk mewujudkan GERMAS," ungkapnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved