Pemkab Kubu Raya Serius Tangani Karhutla, Bupati Siapkan Berbagai Strategi

Muda tak menampik, secara geografis Kubu Raya adalah wilayah lahan gambut. Sehingga ini menjadi tantangan bagi pemerintah.

Pemkab Kubu Raya Serius Tangani Karhutla, Bupati Siapkan Berbagai Strategi
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
(Dari kiri ke kanan) Pengamat Ekonomi Universitas Tanjungpura Pontianak, Prof DR Edi Suratman, Kepala Badan Restorasi Gambut RI, Nazir Foead, Gubernur Kalimantan Barat, H.Sutarmidji, Kapolda Kalbar, Irjen Didi Haryono dan Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen Muhammad Nur Rahmad dalam rapat koordinasi penguatan pengendalian dan penanggulangan karhutla pada lahan gambut antara Badan Restorasi Gambut RI bersama seluruh Stakeholder di provinsi Kalimantan Barat, di hotel Kapuas Palace, Pontianak, Kamis (26/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Septi Sabrina

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN - Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menyatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah mempersiapkan berbagai strategi untuk menangani kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kubu Raya. Hal ini disampaikan Muda saat Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Pengendalian dan Penanggulangan Karhutla pada lahan gambut di Kapuas Palace, Kamis (26/9/2019)

"Terbukti, saat ini telah banyak petani-petani yang tidak membuka lahan dengan cara membakar," ujar Muda.

Namun Muda tak menampik, secara geografis Kubu Raya adalah wilayah lahan gambut. Sehingga ini menjadi tantangan bagi pemerintah.

"Karena lahan gambut ini sebagai bunga api, banyak pemicu yang bisa terjadi dan menjadikan lahan tersebut terbakar," jelas Muda.

Lebih lanjutnya, pemerintah bersama pihak terkait saat ini sedang dalam proses tahap pendataan wilayah yang terindikasi karhutla.

"Titik-titik api yang berulang terjadi kita petakan. Setelah itu kita pasang sumur bor agar ada pembasahan di sana," ungkap Muda.

Baca: Teluk Bakung Kubu Raya Jadi Kampung KB, Tapi Masih Dambakan Listrik

Baca: Kapal Mulia Santosa II Tabrak Dermaga Ferry Siantan, Dua Besi Penyangga Ambruk

Baca: Pemkot Dukung Pelaku Star Up, Siapkan Co Working Space (Ruang Kerja Bersama)

Bahkan, Muda memastikan Pemerintah Kubu Raya akan membina dan memberikan pelatihan untuk menunjang kapasitas pemadam kebakaran di Kubu Raya.

Selanjutnya, muda menuturkan penyuluh pertanian juga telah memberikan edukasi kepada masyarakat Kubu Raya terkait potensi-potensi yang bisa dikembangkan di lahan gambut tanpa harus membakar lahan.

Terkait program dari Badan Restorasi Gambut (BRG) Republik Indonesia, Muda sangat mendukung penuh dan berharap dapat disinergikan antara pemerintah bersama masyarakat Kubu Raya.

Halaman
12
Penulis: Anggita Putri
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved