Waspada Hujan Lebat Hingga Angin Kencang dan Petir di Beberapa Wilayah Indonesia

BMKG mengidentifikasi adanya potensi hujan lebat hingga angin kencang, kilat/petir dalam tiga hari ke depan (20–22 September 2019).

Waspada Hujan Lebat Hingga Angin Kencang dan Petir di Beberapa Wilayah Indonesia
Facebook Info BMKG Kalbar
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) memprediksi bakal terjadi hujan ringan beberapa hari ke depan. 

Citizen Reporter
Bagian Hubungan Masyarakat
Biro Hukum dan Organisasi

Waspada Hujan Lebat Hingga Angin Kencang dan Petir di Beberapa Wilayah Indonesia

PONTIANAK- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi adanya potensi hujan lebat hingga angin kencang, kilat/petir dalam tiga hari kedepan (20 – 22 September 2019) di beberapa wilayah Indonesia.

Berdasarkan pengamatan BMKG terdapat massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua Barat dan Papua.

Baca: BMKG Analisis Potensi Awan Hujan untuk Teknologi Modifikasi Cuaca

Baca: Hujan Akan Segera Datang, Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem di Kalbar

Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di wilayah *Sumatera Utara*, *Sumatera Barat*, *Kalimantan Utara*, *Sulawesi Tengah*, *Papua Barat* dan *Papua*. Terdapat daerah tekanan rendah (LPA) di Kambodia. Konvergensi terbentuk memanjang di Pesisir Selatan Kambodja. Daerah belokan angin terdapat di wilayah *Aceh*, *Sumatera bagian Utara*, *Kalimantan bagian Utara*, *Perairan Utara Sulawesi*, *Laut Maluku bagian Utara* dan *perairan Utara Papua Barat*. Low level jet dengan kecepatan angin mencapai >25 kt terdapat di wilayah *Laut Arafuru* dan *Filipina bagian Utara*.

*Sumatera utara* dan *Sumatera Barat* berpotensi mengalami hujan lebat pada *(20/9)*, dan untuk dua hari kedepan *(21/9)* dan *(22/9)* hanya *Sumatera Utara* yang berpotensi mengalami hujan lebat. Sedangkan wilayah Indonesia lainnya yang berpotensi hujan lebat di sertai angin kencang, petir/kilat pada hari ini *(20/9)* adalah *Aceh* dan *Papua*. Pada esok *(21/9)* dan Lusa *(22/9)* *Aceh* dan *Papua* dan *Kalimantan Barat* masih berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, dan petir/kilat.

BMKG terus memberikan informasi peringatan dini kepada masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika sedang beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved