Polresta Pontianak Segel Lahan Bekas Karhutla di Kubu Raya

Ade Ary menegaskan, pihaknya berharap dari hasil penyelidikan dapat diketahui siapa yang membakar dan bertanggung jawab.

Polresta Pontianak Segel Lahan Bekas Karhutla di Kubu Raya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIVALDI ADE MUSLIADI
Polresta Pontianak bersama Pemkab Kubu Raya melakukan penyegelan terhadap lahan terbakar yang belum diketahui siapa pemiliknya. Lahan seluas 20 hektar itu berada di Dusun Kenanga Desa Punggur Kecil Kecamatan Sungai Kakap. Kaolresta Pontianak AKBP Ade Ary Syam Indradi beserta Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan hadir langsung pada penyegelan tersebut, Rabu (18/9/2019). 

Polresta Pontianak Segel Lahan Bekas Karhutla di Kubu Raya 

KUBU RAYA - Polresta Pontianak bersama Pemkab Kubu Raya melakukan penyegelan terhadap lahan terbakar yang belum diketahui siapa pemiliknya.

Lahan seluas 20 hektar itu berada di Dusun Kenanga Desa Punggur Kecil Kecamatan Sungai Kakap. Kapolresta Pontianak AKBP Ade Ary Syam Indradi beserta Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan hadir langsung pada penyegelan tersebut, Rabu (18/9/2019).

Kapolresta Pontianak AKBP Ade Ary Syam Indradi mengatakan, lahan yang bekas terbakar tersebut kini sudah ada tanaman jagung, dan lahan tersebut juga berbatasan langsung dengan lahan kawasan milik PT. Sumatera Unggul Makmur (SUM). Namun, pihaknya akan mendalami penyelidikan untuk mengetahui siapa yang membakar.

"Nanti kita dalami apakah tanah yang terbakar ini dibakar atau terbakar oleh siapa. Maka sejak hari ini kita pasang plang diharapkan tidak ada yang melakukan apapun di lokasi ini. Karena kami akan melakukan penyelidikan dalam rangka penegakan hukum yang bagian dari penanggulangan Karhutla," ujarnya.  

Baca: FOTO: Kapolresta Pontianak AKBP Ade Ary Syam Indradi Bagikan Masker Pada Pengendara

Baca: VIDEO: Polresta Pontianak Bagikan Masker Kepada Pengguna Jalan

Ade Ary menegaskan, pihaknya berharap dari hasil penyelidikan dapat diketahui siapa yang membakar dan bertanggung jawab. Karena, kata dia, dampaknya sangat tidak baik. 

"Kami terus melakukan penganggulangan reprentif, himbauan dan penegakan hukum bersama. Nanti kami akan berkoordinasi dengan dinas perkebunan, LH, pertanian KKR dan BPBD untuk mencari data," katanya. 

Baca: Asap Pekat Selimuti Kubu Raya, Bupati Gelar Salat Istisqa Minta Hujan

Baca: VIDEO DRONE: Tinjau Lahan Karhutla, Mobil Dinas Bupati Kubu Raya Amblas

Sampai saat ini, lanjut dia, Polresta Pontianak telah melakukan penyegelan terhadap 2 lahan. Sebelumnya telah dilakukan penyegelan di lahan milik PT RJP yang berada di Desa Sungai Bulan Kecamatan Sungai Raya yang sudah dalam tahap penyelidikan. 

"Penyelidikan baru dimulai beberapa hari yang lalu, kita berdasarkan data dan fakta. Nanti kita lihat datanya. Di dinas perkebunan. Kami tidak bisa menyampaikan sesuatu yang tidak berdasarkan fakta," tukasnya.  

Update berita pilihan tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak 

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved