Citizen Reporter

BPPT Siap Optimalkan Hujan Buatan Atasi Karhutla

Hal paling penting lainnya menurut Hammam adalah edukasi kepada masyarakat, agar tidak lagi membakar lahan.

BPPT Siap Optimalkan Hujan Buatan Atasi Karhutla
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza memantau langsung Posko Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca untuk Karhutla Riau di Lanud Rusmin Noerjadin Pekanbaru, Riau. 

Citizen Reporter

Humas BPPT

PONTIANAK - Kabut asap yang terjadi akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau semakin membutuhkan penanganan terpadu dari berbagai pihak. 

Presiden kembali menggelar Rapat Terbatas (Ratas), terkait Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Riau, Pekanbaru, Senin (16/09/2019). 

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza, usai Ratas tersebut langsung memantau langsung Posko Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca untuk Karhutla Riau di Lanud Rusmin Noerjadin Pekanbaru, Riau.

Dikatakan Kepala BPPT bahwa pihaknya terus berfokus melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di provinsi Riau ini, yang dilaksanakan oleh Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) BPPT, guna memadamkan titik api akibat kebakaran hutan dan lahan.

Baca: Daftar Atlet Kalbar Peraih Medali Kejurnas Karate Lemkari 2019

Baca: 4 Anggota DPRD Kayong Utara Periode 2019-2024 Dapil Pulau Maya dan Kepulauan Karimata

Hammam juga menuturkan bahwa, Presiden RI Joko Widodo saat memberikan pengarahan pada Ratas Penanganan Karhutla, meminta agar hotspot yang tersebar di banyak daerah, mulai dari Riau hingga beberapa Provinsi rawan karhutla lain di Sumatera dan Kalimantan itu segera dipadamkan.

Lebih lanjut Kepala BPPT juga mengungkap, BPPT sudah melakukan operasi TMC di Riau ini sejak Juli lalu.

Namun menurutnya, tim BPPT terkendala operasional jumlah pesawat yang hanya 1 unit saja pada awalnya. 

 “Dukungan armada pesawat untuk Operasi TMC hanya berjumlah satu unit. Sementara wilayah target operasi kami meliputi seluruh Riau,” jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved