Kemenperin Tinjau Lokasi Pembangunan Politeknik Industri di Mempawah, Tahun Depan Mulai Diploma I

Eko belum bisa memastikan kapan pembangunan itu akan dilaksanakan, sebab masih banyak yanh perlu di kaji dan dipersiapkan.

Kemenperin Tinjau Lokasi Pembangunan Politeknik Industri di Mempawah, Tahun Depan Mulai Diploma I
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian, Eko S.A Cahyanto bersama timnya meninjau langsung lokasi yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Mempawah untuk pembangunan Politeknik Industri di Kecamatan Mempawah Timur, Rabu (11/9/2019). 

Kemenperin Tinjau Lokasi Pembangunan Politeknik Industri di Mempawah, Tahun Depan Mulai Diploma I

MEMPAWAH - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian, Eko S.A Cahyanto bersama timnya meninjau langsung lokasi yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Mempawah untuk pembangunan Politeknik Industri di Kecamatan Mempawah Timur, Rabu (11/9/2019).

Kendati sudah dilakukan peninjauan, Eko belum bisa memastikan kapan pembangunan itu akan dilaksanakan, sebab masih banyak yanh perlu di kaji dan dipersiapkan.

"Untuk infrastrukturnya, sampai membangun gedung nya butuh waktu ya, sebab untuk pembangunan Politeknik Industri sendiri kita perlu melakukan pengkajian, kita juga harus mengurus perizinan nya baru kita bisa mulai membangun, yang pasti dalam pembangunannya nanti harus ada gedung pembelajaran dan gedung workshop, keduanya itu harus ada karena untuk pendidikan vokasi," paparnya.

Eko mengatakan, Kemenperin mendorong sistem pendidikannya dual system di mana dalam prosesnya, 30% teori dan 70% praktek.

Baca: Pemkab Mempawah Sediakan Lahan Seluas 5 Hektare Untuk Pembangunan Politeknik Industri

Baca: Politeknik PU Satu-satunya Politeknik Bidang Konstruksi Berkelas Dunia

Baca: Sekjen PUPR : Politeknik PU Kejar Kebutuhan Tenaga Terampil Bidang Konstruksi

"Makanya di kampus itu nantinya harus ada laboratorium ada teaching factory sebagai sarana untuk berlatih dan praktek sebelum mereka melakukan praktek kerja di industri nya langsung, yang pasti harus ada gedung pendidikannya dulu untuk belajar mengajar dan gedung workshop, itu gambaran untuk Politeknik Industri kedepannya," jelas Eko.

Di Kabupaten Mempawah, sebagai langkah awal, Eko mengatakan, Kemenperin akan memulai terlebih dahulu dengan program Diploma I, sebagai embrio, karena mereka harus memastikan bahwa sustainability nya bisa terjaga.

"Setidaknya kita akan mendukung pengembangan dan pembangunan sumber daya manusia di Kalimantan Barat terutama di Kabupaten Mempawah. Kemudian setelah peninjauan ini kami akan membentuk tim bersama dengan pemerintah daerah untuk melakukan pengkajian kemudian nanti kita akan memutuskan," ujarnya.

Eko berani memastikan bahwa tahun depan di Kabupaten Mempawah akan dimulai program Diploma I, sebab tidak bisa langsung membangun kampus Politeknik Industri. Harus disampaikan terlebih dahulu kepada pusat terkait penganggaran dan lain-lainnya.

"Yang pasti tahun depan kita sudah akan memulai program Diploma I, untuk pembelajarannya kita bisa mencarikan lokasi sementara terlebih dahulu dan tempat latihan prakteknya kita bisa meminta kerjasama dengan SMTI di Pontianak untuk praktek kerja industri nya," tutup Eko.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved