Advetorial

Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak Gelar Konferensi Nasional

Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak gelar Seminar Nasional Pendidikan yang ke-2

Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak Gelar Konferensi Nasional - pendidikan-mipa1.jpg
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak gelar Seminar Nasional Pendidikan yang ke-2 dengan tema “Peningkatan Mutu Pendidikan MIPA dan Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0”
Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak Gelar Konferensi Nasional - pendidikan-mipa2.jpg
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak gelar Seminar Nasional Pendidikan yang ke-2 dengan tema “Peningkatan Mutu Pendidikan MIPA dan Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0”

Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak Gelar Konferensi Nasional

PONTIANAK - Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak gelar Seminar Nasional Pendidikan yang ke-2 dengan tema “Peningkatan Mutu Pendidikan MIPA dan Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0”.

Semnas kali ini diselenggarakan pada hari Senin, tanggal 09 September 2019 bertempat di Aula Hadari Nawawi Rektorat IKIP PGRI Pontianak.

Dalam kesempatan Semnas tersebut menghadirkan Keynote Speaker dari berbagai perguruan tinggi ternama, yaitu : Prof. Dr. Mochammad Bruri Triyono dari Universitas Negeri Yogyakarta, Dr. Sufiyani Prabawanto, M.Ed dari UPI Bandung, dan Drs. Andi Mursidi, M.Si.

Kegiatan tersebut terbagi menjadi dua tahap, yang diawali dengan paparan dari ketiga Keynote Speaker dan dilanjutkan diskusi parallel di masing-masing bidang keilmuan yang dikelompokkan sebanyak 8 (delapan) kelas dari 105 peserta yang terdiri dari 82 pemakalah dan 23 peserta.

Baca: Fakultas Pendidikan MIPATEK Motivasi Mahasiswa dalam Penguasaan IPTEK

Baca: Fakultas Pendidikan MIPA dan Tekonologi Gelar Pekan Ilmiah ke-4

Di waktu yang bersamaan dilaksanakan sekaligus MoU antar pihak Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Bersama Universitas Muhammadiyah Surakarta, FKIP Lambung Mangkurat, Gerakan Nasional 1000 Start Up Digital dan SD Negeri 72 Pontianak, serta MoA Bersama Universitas Negeri Yogyakarta, UPI Bandung dan STKIP Singkawang.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor IKIP PGRI Pontianak, dalam sambutannya Rustam, M.Pd. Kons, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas penyelenggaraan Semnas, yang merupakan salah satu realisasi dari semangat IKIP PGRI Pontianak untuk terus bergerak secara mandiri maupun kolaborasi untuk mendongkrak kualitas penelitian, khususnya produktivitas publikasi ilmiah di lingkungan IKIP PGRI Pontianak.

Semnas kali ini bertujuan, Pertama untuk Meningkatkan budaya akademik, civitas akademika yang berbasis konservasi untuk mengembangkan pembinaan nasionalisme dan karakter bangsa.

Kedua untuk Mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis konservasi di lingkungan persekolahan dan di masyarakat pada umumnya.

Ketiga sebagai usaha meningkatkan profesionalisme seluruh civitas akademika pada umunya dan bagi para Guru, dan Mahasiswa pada khususnya melalui pendidikan bermutu. Keempat, terbentuknya group research antar perguruan tinggi, mitra dan pihak sekolah.

Sekaligus tambahan dalam wawancaranya, Dekan Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi, Yudi Darma, M.Pd, menyampaikan bahwasanya adaptasi Revolusi Industri 4.0 menjadi perhatian seluruh lapisan masyarakat, khsusunya para akademisi agar mampu menghabituasi secara sinergis dalam setiap aktivitas tri dharma perguruan tinggi, khususnya yang berkenaan dengan pendidikan karakter, 4C’s (Critical Thingking, Communication Skills, Creative Problem Solving, Collaboration) serta Literasi.

Ketua panitia, Vindo Feladi, S.T., M.Pd., menyampaikan dalam laporannya peserta terdiri dari berbagai unsur yaitu dosen, peneliti, praktisi dan mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia.

Adapun delegasi peserta berasal dari beberapa instansi, diantaranya dari Kalimantan Barat yaitu UniveristasTanjupura Pontianak, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Universitas Nahdatul Ulama Kalimantan Barat, STMIK Widya Dharma Pontianak, STAKAT Negeri Pontianak, STKIP Singkawang, STKIP PamaneTalino Kabupaten Landak, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, STKIP Melawi
Dan beberapa Sekolah di Kota Pontianak

Dan dari luar Kalimantan Barat yaitu : Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Maritim Raja Ali Haji Kepulauan Riau, UniversitasPalangkaraya, STKIP Ahlu Sunnah Bukit Tinggi. (*)

Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved