MUI Kalbar Terima Kunjungan Silaturahim Jawatan Hal Ehwal Agama Islam Kelantan

Dalam rangka memperkuat ukhuwah Islamiyah negara serumpun, Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kalimantan Barat menerima kunjungan

MUI Kalbar Terima Kunjungan Silaturahim Jawatan Hal Ehwal Agama Islam Kelantan
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
MUI Kalbar Terima Kunjungan Silaturahim Jawatan Hal Ehwal Agama Islam Kelantan 

Citizen Reporter
Anggota Komisi Informasi dan Komunikasi MUI Kalbar
Ahmad Fauzi Muliji

MUI Kalbar Terima Kunjungan Silaturahim Jawatan Hal Ehwal Agama Islam Kelantan

PONTIANAK - Dalam rangka memperkuat ukhuwah Islamiyah negara serumpun, Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kalimantan Barat menerima kunjungan silaturahim Pengurus Jawatan Hal Ehwal Agama Islam Negeri Kelantan Malaysia, Kamis, (5/9/2019) sore, bertempat di Aula Serbaguna Masjid Raya Mujahidin Pontianak.

Rombongan Jawatan Hal Ehwal Agama Islam Negeri Kelantan sebanyak 38 orang dipimpin oleh Dato Haji Mohammad Nasaruddin Bin Haji Daud selaku Pengurusi Jawatan Kuasa Pembangunan Islam, Dakwah Penerangan Dan Hubungan Seranta Negeri Kelantan diterima langsung oleh Ketua umum MUI Kalbar, Drs H.M Basri HAR serta ketua Yayasan Mujahidin Kalbar, Prof. Dr Thamrin Usman, DEA dan dihadiri pengurus harian dan komisI di lingkungan MUI Kalbar.

Dalam sambutannya, Dato Haji Mohammad Nasaruddin Bin Haji Daud menyampaikan rasa syukurnya karena dapat bersilaturahim bersama Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kalimantan Barat sebagai bagian dari ekspedisi pendidikan dan Lawatan ilmiah Ulama Pondok Kelantan dan Bahagian Dakwah Halaqat ke beberapa negara serumpun termasuk Pontianak Indonesia.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk melihat perkembangan pendidikan Islam di berbagai negara termasuk Kalbar khususnya di Pontianak. Karena antara Pontianak dan Kelantan memiliki hubungan yang cukup erat.

Baca: Kiat Guru Fase 1 Berikan Perubahan di Sintang, Pemkab Tambah Jumlah Sekolah

Baca: Pemkab Sintang Dukung Penuh Program Kiat Guru

Baca: Kader IPNU Terpilih Jadi Bujang Pontianak 2019

"Ketika Kesultanan Pontianak berkuasa, salah seorang permaisuri sultan Pontianak berasal dari Kerajaan Kelantan. Bahkan salah seorang Mufti Kesultanan Pontianak yang bernama Mufti Ismail Bin Abdul Majdi diangkat seagai Mufti Kesultanan Pontianak antar 1920-1935 berasal dari Kelantan. Karena itulah kami ingin meneruskan silaturahim ini sebagai bagian dari memperluas rezeki dan memperpanjang umur" ujarnya.

Ia juga menyampaikan kunjungan ingin dalam rangka melihat berbagai perkembangan pesantren yang ada di Pontianak untuk dijadikan contoh dalam model pembelajaran.

Hal ini dimaksudkan karena Kelantan terkenal sebagai serambi Makkah karena Kelantan juga berbatasan dengan Negeri Fattani yang melahirkan ulama besar seperti Syekh Daud al-Fattani yang karyanya tersebar di seluruh Nusantara.

Bahkan Syekh Abdussamad Al Palombani dan Syekh Daud Al Fattani besama sama berjihad fi Sabilillah.

Ia juga mengajak hadirin untuk terus memperkuat ukhuwah Islamiyyah agar tidak mudah tercerai berai.dan meningkatkan kualitas umat Islam.melalui pendidikan.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved