Citizen Reporter

Raih 27 Emas, Jatim Juara Umum O2SN 2019

Harapan saya, anak-anak sekalian yang ikut olimpiade olahraga ini akan kita kirim ke pertandingan internasional, maka berlatihlah dengan gigih.

Raih 27 Emas, Jatim Juara Umum O2SN 2019
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Foto bersama 

Citizen Reporter

Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 

PONTIANAK - Provinsi Jawa Timur kembali menggondol predikat juara umum Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tahun 2019. Sebelumnya, prestasi yang sama diraih pada tahun 2017. Pada ajang O2SN tahun ini Jawa Timur berhasil membawa pulang sebanyak 49 medali dengan rincian 27 emas, 11 perak, dan 11 perunggu. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan apresiasi terhadap prestasi yang diraih para siswa dalam ajang olahraga tersebut.

“Selamat kepada para atlet yang hadir di semarang yang sudah bekerja keras untuk menunjukkan prestasi terbaiknya, saya yakin kamu semua juara, dan membawa titel juara,” ujar Menteri Muhadjir, di Semarang Jawa Tengah, Kamis (30/8/2019) lalu. 

Baca: Siswa SMK Amaliyah Sekadau Boyong Medali Perunggu O2SN Tingkat Nasional di Aceh

Baca: Berikut Daftar Juara O2SN SMA dan SMK Cabor Karate

Menurutnya, para siswa pun harus disiapkan untuk dapat berprestasi di skala internasional.

“Harapan saya, anak-anak sekalian yang ikut olimpiade olahraga ini akan kita kirim ke pertandingan internasional, maka berlatihlah dengan gigih. Kepala dinas dan kepala sekolah agar menyiapkan anak yang berprestasi di O2SN ini agar bisa berprestasi di jenjang internasional,” ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama, Maimun Zubair, Wakil Gubernur Jawa Tengah (Wagub Jateng), mengungkapkan, para peserta dan pemenang O2SN memiliki kesempatan besar untuk mengharumkan nama Indonesia, khususnya di skala internasional. “Selamat, ke depan, dapat menjadi atlet yang mengharumkan nama Indonesia,” ujarnya. 

Didik Suhardi, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sesjen Kemendikbud) selaku Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen), menambahkan para peserta yang belum mendapatkan juara agar pantang menyerah untuk berprestasi. Menurutnya, para siswa masih memiliki kesempatan berprestasi sangat luas karena O2SN diselenggarakan setiap tahun.

“Bagi yang belum juara, jangan menyerah, masih akan mendapat kesempatan, untuk mengikuti di tahun mendatang karena (O2SN) diselenggarakan tiap tahun,” ujar Didik. 

Kemudian, para siswa, menurut Sesjen Didik, dapat memanfaatkan ajang O2SN untuk mengenal budaya lokal, dan memperluas jaringan perkenalan antar siswa dari daerah yang berbeda.

“Ajang mengenalkan kebudayaan lokal, dan memperluas jaringan para siswa antar daerah satu dengan yang lain dari seluruh Indonesia. Ini (O2SN) sekaligus sebagai sarana saling mengenal secara pribadi dan kebudayaan,” jelasnya. 

 Cek 10 Berita Pilihan Tribun Pontianak di Whatsapp Via Tautan Ini: Tribun Pontianak Update 

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved