BMKG Keluarkan Analisis Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Kalbar

Diprakirakan hingga sepekan ke depan potensi terjadinya hujan akan rendah,

BMKG Keluarkan Analisis Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Operator BMKG Kalbar 

BMKG Keluarkan Analisis Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Kalbar

PONTIANAK - Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak Erika Mardiyanti mengeluarkan analisis cuaca di sejumlah wilayah di Kalbar.

Hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat telah terjadi di beberapa wilayah di Kalimantan Barat hari ini, Rabu 28 Agustus 2019 yaitu di 

Kabupaten Sambas, Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang, Mempawah, Kota Pontianak, Kubu Raya, dan  Landak.

Baca: Update Cuaca di Kabupaten Kapuas Hulu Kamis (29/8/2019)

Baca: Prakiraan Cuaca Beberapa Kabupaten di Kalbar

Hujan dan angin kencang ini mulai terjadi pada siang hari sekitar jam 13.00 WIB di Kab. Sambas, kemudian meluas ke Kota Singkawang, Kab. Bengkayang, dan Kab. Mempawah. 

Pada Jam 16.00 WIB hujan dan angin kencang ini sudah masuk ke Kota Pontianak dan meluas hingga Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Landak. 

Hujan ini diprakirakan masih akan meluas ke Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, Kabupatem Sintang, Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Ketapang bagian utara. 

 Berdasarkan data pengamatan di beberapa UPT BMKG di Kalbar, kecepatan angin maksimum tercatat di Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak 23 knot, di Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak 24 knot, Stasiun Klimatologi Mempawah 13  knot.

Diprakirakan hingga sepekan ke depan potensi terjadinya hujan akan rendah, sehingga berpotensi mudah hingga sangat mudah kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Barat jika ditinjau dari analisis cuaca.

Prakiraan curah hujan bulanan berdasarkan rilis dari Stasiun Klimatologi Mempawah pada bulan September 2019 juga masih dalam kategori RENDAH di sebagian besar wilayah Kalbar. 

Dihimbau kepada masyarakat untuk tetap tidak melaksanakan aktifitas pembakaran hutan dan lahan selama periode hujan rendah ke depan nanti.

Cek 10 Berita Pilihan Tribun Pontianak di Whatsapp Via Tautan Ini: Tribun Pontianak Update 

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved