Breaking News:

Luasnya Wilayah Sungai Raya Dikeluhkan KPU Kubu Raya

Dalam satu Kecamatan, lanjut dia, memang kalau dibagi penduduk Kecamatan Sungai Raya maka totalnya menjadi 16 kursi.

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIDHO PANJI PRADANA
Komisioner KPU Kubu Raya, Encep Endan 

Luasnya Wilayah Sungai Raya Dikeluhkan KPU Kubu Raya

KUBU RAYA - KPU Kubu Raya mengeluhkan luasnya wilayah Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya.

Dengan luas wilayah dan besarnya jumlah penduduk, dinilai komisioner KPU Kubu Raya, Encep Endan terlalu memporsir kinerja jajaran dibawah dan menyebabkan kadang tidak maksimal.

Dikatakan Encep Endan, dari 9 Kecamatan di Kubu Raya jumlah penduduk di Kecamatan Sungai Raya berdasarkan data pemilih 2019, kurang lebih 34 persen.

Baca: Sehat dan Berdaya Bersama BFI Finance

Baca: Asisten Setda Sintang Membuka Kegiatan Stakeholder Meeting Perpustakaan Daerah 

"Sebenarnya Kecamatan Sungai Raya ini menumpuk, artinya karena daerah penyangga Kota Pontianak maka kemudian perkembangan penduduk lebih cepat, sehingga berefek pada proses penataan dapil," terangnya, Minggu (25/08/2019).

Lebih lanjut dikatakannya, penataan dapil berbasis penduduk dari data kependudukan kemudian disusun untuk menyusun jumlah kursi setiap dapil berdasarkan proporsional jumlah penduduk.

Dalam satu Kecamatan, lanjut dia, memang kalau dibagi penduduk Kecamatan Sungai Raya maka totalnya menjadi 16 kursi.

Karena UU 7 mengatakan diperbolehkan untuk memecah dapil dalam satu kecamatan, maka KPU pecah menjadi dua dapil dan diusulkan pada saat 2018 pada konteks penataan penyusunan dapil.

Baca: Askab PSSI Sambas Lepas Kontingen U-22 ke Ketapang

"Efek itu menjadi berdampak terhadap pelaksanaan karena dari dua dapil itu dilaksanakan oleh satu PPK dengan lima anggota dan tiga sekreteriat, serta satu sekretaris," tutur Encep Endan

"Jadi memang kondisi 8 orang melaksanakan untuk penyelenggaran pemilu di dua dapil dalam satu kecamatan, ini menjadi beban kerja tinggi, memang berbeda sekali dengan kecamatan lain, tiga kecamatan dalam satu dapil seperti Kubu, Batu Ampar dan Terentang," timpal Encep.

Maka dari itu, ia berharap agar kemudian ada solusi terkait permasalahan ini baik kebijakan dari segi ad hoc atau jajaran dibawah maupun adanya pemekaran daerah.

"Hal itu kami bisa berefek mengusulkan mungkin dari sisi regulasi UU Pemilu terkait dengan penyelenggara ad hocnya apakah seperti apa solusinya jika pun ada peluang untuk proses revisi UU nomor 7. Tapi kalau pun tidak, penduduk Sungai Raya memang sudah selayaknya menurut kami untuk dimekarkan. karena bukan hanya KPU, sisi pengawasan dari Bawaslu dan pelaksanaan sisi manajemen pemerintahan," tukas Encep Endan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved