Kemenkes RI Pastikan Pelayanan Kesehatan di Perbatasan Kapuas Hulu

Ade menjelaskan, kehadiran KKP di PLBN Badau dimaksudkan untuk mencegah adanya penyakit menular langsung, baik dari luar maupun dalam negeri

Kemenkes RI Pastikan Pelayanan Kesehatan di Perbatasan Kapuas Hulu
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Sekjend Kemenkes RI drg. Oscar Primadi saat mengunjungi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) terpadu Badau Kecamatan Badau, Rabu (14/8/2019) kemarin 

Kemenkes RI Pastikan Pelayanan Kesehatan di Perbatasan Kapuas Hulu

KAPUAS HULU - Dalam rangka memastikan pelayanan kesehatan di wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Kapuas Hulu, Sekretaris Jendral Kemeneterian Kesehatan RI drg Oscar Primadi, MPH telah mengunjungi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) terpadu Badau Kecamatan Badau, Rabu (14/8/2019) kemarin.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, Ade Hermanto menyatakan kedatangan Sekjend Kemenkes melihat bahwa PLBN merupakan garda depan negara Indonesia.

Yang digunakan dalam lalu lintas antar negara dimana salah satu fungsinya sebagai deteksi penyakit yang datang dari luar Indonesia.

Baca: Polres Kapuas Hulu Gelar Perlombaan Dirgahayu ke 74 Republik Indonesia

Baca: Generasi Millenial Kapuas Hulu Gelar Dialog Kemerdekaan

Baca: Tokoh Perbatasan di Kapuas Hulu Tangggapi Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan

“Fasilitas yang disediakan KKP di PLBN Badau dalam pelayanan kesehatan pada pintu kedatangan, disediakannya thermal scanner sebagai upaya deteksi dini untuk para pendatang,” ujarnya kepada wartawan, Senin (19/8/2019).

Selain itu jika ada penanganan khusus, maka akan dirujuk ke Puskesmas Badau yang telah dilengkapi dengan rawat inap, UGD dan terdapat juga dokter serta perawat dari NS (Nusantara Sehat).

“Rujukan Iainnya juga terdapat di RSUD Achmad Diponegoro Putussibau,” ucapnya.

Ade menjelaskan, kehadiran KKP di PLBN Badau dimaksudkan untuk mencegah adanya penyakit menular langsung, baik yang datang dari luar maupun dalam negeri.

"Kami terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved