Dinas Pertanian Sambas Usulkan Replanting Karet 1000 Hektare

Yayan Kurniawan mengatakan, tahun 2020 pihaknya mengusulkan untuk di lakukan Replanting perkebunan Karet sebanyak 1.000 Hektare

Dinas Pertanian Sambas Usulkan Replanting Karet 1000 Hektare

SAMBAS - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, Yayan Kurniawan mengatakan, tahun 2020 pihaknya mengusulkan untuk di lakukan Replanting perkebunan Karet sebanyak 1.000 Hektare.

Menurutnya, itu di lakukan untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Sambas karena saat ini perkebunan Karet di Sambas usianya sudah tua.

"Mulai tahun 2019 ini ada program dari Dirjen Perkebunan, itu Bun 500. Artinya itu program untuk penyiapan 500 juta bibit tanaman perkebunan selama lima tahun, sampai dengan 2023," Senin, (19/8/2019).

Baca: Sebelum Tewas Kecelakaan, Norsianti Sempat Tunjukkan Baju untuk ke Wisuda Putra Sulung

Baca: Tes Kepribadian - Kupu-kupu yang Kamu Pilih Ungkap Sisi Tersembunyi dari Kepribadianmu

"Untuk Sambas kita usulkan Karet, tahun depan saya usulkan untuk dapat di setujui 1000 Hektare, untuk rehab Karet yang sudah tua," ungkapnya.

Untuk melancarkan rencana tersebut, ia katakan saat ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas sedang menyiapkan database dan kelompok tani mana saja yang masuk kualifikasi untuk menerima bantuan tersebut.

"Oleh karenanya, sekarang kita diminta untuk menyiapkan database mengenai calon peserta dan kelompok tani yang mana mau di rehab. Oleh karenanya kita diminta menyiapkan hal itu," katanya.

Ia menjelaskan, setiap Kabupaten di Indonesia di batasi dua komoditi yang bisa di rehab.

Baca: 5 Kebiasaan Pagi Hari Ini Bikin Tubuh Rentan Kena Kanker, Satu Diantaranya Minum Kopi

Baca: TRIBUNWIKI - Apa itu StageID? Yuk Mengenal Komunitas Pecinta Seni Foto Panggung Lewat StageID

Oleh karenanya, untuk Kabupaten Sambas salah satu komoditi yang di usulkan untuk di Rehabilitasi oleh Dinas Pertanian adalah perkebunan Karet.

Dengan demikian, ia berharap usulan ini bisa di setujui. Karena mengingat Masyarakat Sambas juga cukup banyak yang berprofesi sebagai petani Karet.

"Saya pikir ini peluang bagi kita, daerah dan Dinas. Karena berdasarkan data kita itu ada sekitar 12 ribu Hektare tanaman karet kita yang sudah berumur,"

"Mudah-mudahan di setujui seribu hektare, dan syukur bisa lebih dan bisa mempercepat peremajaan karet di Sambas," tutupnya.

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved