Koordinator Anggota Kelompok Ahli BNPP Nilai Upacara di PLBN Aruk Tingkatkan Semangat Warga Negara

Max mengatakan BNPP saat ini menangani tiga komponen besar yang pertama yaitu komponen dari garis batas wilayah dalam penyelesaian di wilayah perbatas

Koordinator Anggota Kelompok Ahli BNPP Nilai Upacara di PLBN Aruk Tingkatkan Semangat Warga Negara
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Koordinator Anggota Kelompok Ahli Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) RI, DR. Ir. Max Pohan., CES., MA (tengah) 

Koordinator Anggota Kelompok Ahli BNPP Max Pohan Nilai Upacara di PLBN Aruk Tingkatkan Semangat Warga Negara

SAMBAS - Koordinator Anggota Kelompok Ahli Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) RI, DR. Ir. Max Pohan., CES., MA yang menjadi Inspektur Upacara HUT RI Ke-74 di PLBN Aruk mengatakan, kegiatan itu untuk meningkatkan semangat Warga Negara, khususunya yang ada di Perbatasan.

"Kita memang rencananya selalu meningkatkan semangat masyarakat di daerah perbatasan, momen-momen seperti ini bisa mempengaruhi semangat masyarakat sebagai warga negara Indonesia," ujarnya, Sabtu (17/8/2019).

Max mengatakan BNPP saat ini menangani tiga komponen besar yang pertama yaitu komponen dari garis batas wilayah dalam penyelesaian di wilayah perbatasan.

Kedua mengenai persoalan lintas batas supaya menjadi legal sehingga di dalamnya ada Bea Cukai Imigrasi dan karantina.

Baca: Ikuti Upacara HUT RI ke 74 di PLBN Aruk, Wabup Hairiah Sampaikan Hal-hal Berikut

Baca: VIDEO: Paskibra Kabupaten Sambas Saat Memasuki Lapangan Upacara

"Termasuk masalah masalah keamanan yaitu masalah illegal yang banyak sekali terjadi dalam pembatasan karena perbatasan kita tidak dipagar mati, sehingga perlu kerjasama dengan negara Malaysia," jelasnya.

Sedangkan untuk komponen ketiga, yaitu mengenai pembangunan kawasan perbatasan. Menurutnya, itu penting, karena sangat terkait dengan kesejahteraan masyarakat.

"Kalau dilihat PLBN Aruk kemajuannya sangat luar biasa sekali, beberapa tahun silam saya kesini waktu mulai dibangun dan sekarang ini prospeknya luar biasa mungkin bisa melebihi Entikong karena jaraknya ke Kuching lebih dekat," katanya.

Baca: Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Sambas Sukses Dilakukan

Baca: Ceritakan Kenangan Saat Angkat Senjata, Sukur Minta Pemerintah Perhatikan Veteran di Sambas

"Kedepan kami melihat ini (Aruk-Red) memiliki prospek yang luar biasa dan pemerintah senantiasa menyiapkan infrastruktur dalam menunjang itu termasuk bekerjasama dengan pemerintah daerah baik dengan gubernur dan bupati," jelasnya.

Ia tegaskan, bahwa pemerintah akan senantiasa menyiapkan tentang apa yang di butuhkan.

"Intinya pemerintah senantiasa menyiapkan hal-hal yang apa diperlukan yang dibutuhkan untuk berkembangnya kegiatan di masyarakat terutama di wilayah perbatasan," tutupnya.

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved