PT CTB Group Komitmen Cegah Karhutla bersama Masyarakat

Oni menambahkan sudah menjadi komitmen perusahaan dalam setiap membuka areal baru dalam perluasan areal tanam sawit sangat mengharamkan membakar lahan

PT CTB Group Komitmen Cegah Karhutla bersama Masyarakat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
PT CTB Group Komitmen Cegah Karhutla bersama Masyarakat 

PT CTB Group Komitmen Cegah Karhutla bersama Masyarakat

PONTIANAK - Direktur PT Cipta Tumbuh Berkembang Group Oni Indradiana mengatakan pihaknya secara intens memberikan pembinaan teknik pencegahan dan pemadaman kebakaran lahan kepada masyarakat yang berada di sekitar perusahaan dan para karyawan.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk dan pencegahan terhadap kebakaran hutan dan lahan baik di areal konsesi milik perusahaan maupun lahan dari milik masyarakat.

"Bukan saja pada saat musim kemarau seperti sekarang, akan tetapi selalu kita lakukan semenjak kita resmi beroperasi di lahan perkebunan di Kabupaten Kubu Raya ujarnya. Jumat (16/8/2019)

Sedikitnya terdapat kurang lebih 7000an hektare lahan perkebunan yang tersebar di tiga kecamatan di Kubu Raya. Di antaranya adalah Kecamatan Sungai Raya, Kubu dan Teluk Pakedai.

Baca: Polri Terjunkan Tim Atensi Pantau Kasus Karhutla di Kalbar, Kabid Humas: 30 Tersangka dari 26 Kasus

Baca: BPBD Kayong Utara Ungkap Kendala Selama Padamkan Karhutla

Oni menambahkan sudah menjadi komitmen perusahaan dalam setiap membuka areal baru dalam perluasan areal tanam sawit sangat mengharamkan membakar lahan.

Semua proses pembukaan lahan dilakukan dengan cara mekanik.

"Kita tidak mungkin melakukan dengan sengaja membuka lahan dengan membakar Semua proses pembukaan lahan yang kami lakukan dengan cara mekanik," ujarnya.

Baca: Kapolres Kayong Utara Harap Pemerintah Perkuat Alat dan Anggaran Penanggulangan Karhutla

Baca: Pimpin Rakor Penanggulangan Karhutla, Paolus Hadi: Tim Yang Ditugaskan Saja Belum Jelas

Selain itu, pihaknya juga melengkapi kelengkapan di dalam perkebunan perlengkapan pemadam kebakaran. Termasuk juga peningkatakan kapasitas terhadap para karyawan terhadap penanganan kebakaran lahan.

"Tak hanya karyawan, kita juga memberikan alat perlengkapan pemadaman kebakaran kepada pemerintah desa sekitar sebagai inventaris yang sewaktu-waktu bisa digunakan," ujarnya.

Dirinya menambahkan sosialiasasi dan imbauan terkait pencegahan kebakaran lahan dan cara mengatasi kebakaran lahan dengan menggunakan peralatan yang ada.

Bukti nyata sosialisasi dilakukan oleh PT CTB GROUP pada tanggal 15/8/2019 dengan melibatkan muspika setempat di Desa Sungai Asam. 

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved