23 Pelajar SMA Sederajat dan SLB di Kalbar Terpilih Wakili Provinsi Program Siswa Mengenal Nusantara

Sebanyak 23 pelajar SMA sederajat dan SLB dari 14 Kabupaten di Kalimantan Barat terpilih untuk mewakili Provinsi Kalbar

23 Pelajar SMA Sederajat dan SLB di Kalbar Terpilih Wakili Provinsi Program Siswa Mengenal Nusantara
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Ilustrasi Pelajar 

23 Pelajar SMA Sederajat dan SLB di Kalbar Terpilih Wakili Provinsi Program Siswa Mengenal Nusantara

PONTIANAK -  Sebanyak 23 pelajar SMA sederajat dan SLB dari 14 Kabupaten di Kalimantan Barat terpilih untuk mewakili Provinsi Kalbar dalam program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019.

Sekretaris Perusahaan PT Askrindo (Persero), Denny S Adji mengatakan 

Program SMN ini merupakan bagian dari kegiatan “BUMN Hadir Untuk Negeri” yang bertujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada para siswa.

 “Selama kegiatan berlangsung, para peserta SMN di dampingi oleh Guru berprestasi, Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar dan BUMN yang menjadi panitia rangkaian acara BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN), yakini PT Askrindo, Perikanan Indonesia dan PT Perkebunan Nusantara XIII (Persero) dan siswa-siswi SMN ini akan mendapatkan wawasan mengenai Pengenalan BUMN, Budaya, Bela Negara, Pemanfaatan Teknologi, Cinta Lingkungan dan edukasi lainnya untuk memperkaya cinta bangsa dan tanah air. Mereka juga akan diberangkatkan ke Bali,” ujar Denny.

Kabid Bidang SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar, Fatmawati juga mengungkapkan apresiasinya kepada BUMN karena telah melaksanakan kegiatan ini dengan melibatkan siswa SLB.

Baca: Akomodir Seluruh Umat, Panitia Ubah Jadwal Karnaval Singkawang

Baca: Pemprov Kalbar Bersama Pemkot Pontianak Dukung Pelaksanaan Festival Durian

Baca: Jelang Pelantikan Dewan DPRD Singkawang, 4 Partai Bentuk Fraksi Karya Solidaritas Amanat Pembangunan

“Kami mengucapkan terimakasih yang tak terhingga untuk kegiatan ini. Ada 1 poin yang ingin saya apresiasi bahwa kegiatan ini tidak hanya untuk anak SMA dan SMK tapi juga melibatkan SLB. Itu benar-benar apresiasi yang luar biasa,” ungkap Fatmawati.

Menurutnya, kegiatan ini tidak akan mungkinterlupakan oleh para peserta sampai kapanpun.

“Saya yakin ini adalah kegiatan yang tak akan terlupakan oleh mereka sampai kapanpun. Cerita pertama mereka kelak adalah saat pernah ke Bali dengan gratis. Saya yakin 23 anak ini benar-benar anak yang berpotensi,” ucapnya.

Kemudian, Corporate Communications PT Askrindo, Luluk Lukmiyati mengatakan para siswa-siswi sangat bersemangat mengikuti serangkaian kegiatan yang ada.

“Seperti pada hari ini kita mengisi kegiatan anak-anak dengan workshop jurnalistrik dan workshop Tari. Nah, kenapa kita berikan mereka workshop jurnalistrik ? karena dalam program SMN ini mereka akan dilatih juga untuk membuat diary. Jadi mereka bisa mengetahui gimana sih cara menulis, hal-hal apa yang harus ditulis, kerena diarynya itu harian kemudian nanti dikumpulkan saat mereka selesai acara kegaiatan,” kata  Luluk.

Ia juga menyebutkan bahwa banyak dari para peserta yang belum pernah ke Pontianak, sehingga Luluk meyakini ketika para peserta sampai ke Bali nanti pasti akan lebih antusias.

“Jadi memang dari hari pertama mereka datang, mereka sudah harus menceritakan pengamalan apa yang mereka dapat. Dan ternyata banyak dari anak-anak siswa ini yang belum pernah ke Pontiaank apalagi nanti ke Bali. Akan ada banyak pengalaman yang membuat mereka sangat excited sehingga nantinya dari berbagai pengalaman itu mereka bisa memilih mana sih yang punya nilai berita, dan bagaimana cara mereka menuangkannya dalam bentuk tulisan,” jelas Luluk.

Selanjutnya para peserta juga diberikan workshop tari, dimana nantinya para peserta akan tampil untuk memperkenalkan tarian budaya 3 etnis Kalbar yaitu Tionghoa, Dayak, Melayu (Tidayu) di Bali.

“Nantinya mereka akan membawa dan memperkenalkan budaya dari kalbar kepada masyarakat di Bali. Bahkan tanggal 18 nanti mereka juga langsung tampil pada saat pembukaan. Dengan begini mereka bisa lebih percaya diri lagi untuk mengenalkan budayanya,” ujar Luluk.

Penulis: Mia Monica
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved