Personel Satpol PP Kalbar Bantu Perbaiki Rumah Korban Angin Puting Beliung

Total, ada 104 unit bangunan yang rusak di kawasan Jl Ampera dan Jl Mendalam akibat hantaman angin puting beliung

Personel Satpol PP Kalbar Bantu Perbaiki Rumah Korban Angin Puting Beliung
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
TERPAL - Kepala Satpol PP Kalbar Golda M Purba (kanan) memantau personelnya saat memasang terpal di rumah korban hantaman angin puting beliung, di Jl Ampera, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (14/08/2019). 

Satpol PP Kalbar Bantu Perbaiki Rumah Korban Angin Puting Beliung

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) turun langsung ke Jl Ampera membantu warga memperbaiki rumah warga yang rusak akibat hantaman angin puting beliung, di Jl Ampera, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (14/08/2019).

Secara total, ada 104 unit bangunan yang rusak di kawasan Jl Ampera dan Jl Mendalam akibat hantaman angin puting beliung disertai hujan deras pada Selasa (13/08/2019) sore.

“Anggota Satpol PP Provinsi Kalimantan Barat memperbaiki atap rumah warga. Ada enam unit rumah yang kita bantu perbaiki dengan cara memasang kembali atap jika rumah tersebut rusak ringan atau memasang terpal jika memang atap rumah tersebut mengalami rusak berat,” ujar Kepala Satpol PP Kalbar Golda M Purba kepada Tribunpontianak.co.id, Rabu (14/08/2019).

Golda mengatakan, ada delapan personel Satpol PP yang diturunkan. Personel Satpol PP memulai perbaikan pukul 08.00 hingga 15.30 WIB. “Kendala yang dihadapi di lapangan adalah kurangnya peralatan dan bahan material untuk perbaikan rumah,” katanya.

Hingga Rabu, terdata 104 rumah yang rusak akibat dihantam angin puting beliung. Sebanyak 104 rumah ini berada di kawasan Desa Ampera Raya yakni Jl Ampera dan Jl Mendalam.

Jika dirinci, terdapat sekitar 70 unit rumah yang rusak di Kompleks Arafah Residence, Jl Ampera. Sementara itu, ada 33 unit bangunan yang rusak di Kompleks Perumnas 4, Jl Mendalam.

Kapolsek Sungai Ambawang AKP Joko Sutriyatno membenarkan ada 33 unit bangunan di Jl Mendalam yang terdampak puting beliung, masing-masing 15 unit rumah, satu Surau Al-Lukman dan satu unit Posyandu Anggrek.

“Untuk wilayah Kuala Ambawang sendiri, berdasarkan data dari Bhabinkamtibmas dan kepala desa, jumlah rumah yang terdampak sebanyak 15 unit disertai satu unit Sekolah Menengah Pertama (SMP),” lanjut AKP Joko.

Dia mengatakan, satu kompi Dalmas Polda Kalbar yang dipimpin langsung Wadir Sabhara Polda Kalbar turun membantu masyarakat membersihkan puing bangunan yang rusak.

"Mengevakuasi untuk membenahi atap-atap yang rusak, kemudian merapikan agar bisa diperbaiki," papar Joko.

Joko menambahkan, ada rencana dari jajaran kepolisian untuk kembali membantu meringankan beban masyarakat korban angin puting beliung. (*)

Penulis: Iin Sholihin
Editor: Iin Sholihin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved