ABDSI Dorong Penguatan UMKM Melalui Kolaborasi Multipihak

Fahmi menjelaskan Hari UMKM mengambil momentum kelahiran Bapak Bangsa yaitu Mohammad Hatta

ABDSI Dorong Penguatan UMKM Melalui Kolaborasi Multipihak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ MAUDY ASRI GITA UTAMI
Pengamat Ekonomi dari Universitas Tanjungpura Muhammad Fahmi 

ABDSI Dorong Penguatan UMKM Melalui Kolaborasi Multipihak

PONTIANAK - Hari Nasional UMKM jatuh pada 12 Agustus.

Ketua ABDSI Kalbar, Muhammad Fahmi mengatakan hari UMKM adalah hari kerja, pengingat untuk meneguhkan semangat kerja kewirausahaan, semangat kerja membangun ekonomi kerakyatan dan membangun kebanggaan dan rasa percaya diri UMKM sebagai kekuatan ekonomi yang signifikan untuk memperkuat kedaulatan bangsa. 

“Pergerakan Koperasi pada 12 Juli dan Hari Nasional UMKM pada 12 Agustus menjadi sarana untuk merawat dan membesarkan semangat ekonomi kerakyatan,” ujar Fahmi, Senin (10/8/2019).

Fahmi menjelaskan Hari UMKM mengambil momentum kelahiran Bapak Bangsa yaitu Mohammad Hatta, pejuang, negarawan, ekonom, dan juga Wapres pertama RI, sebagai peletak dasar ekonomi Kerakyatan, yang dilahirkan pada 12 Agustus 1902 di Bukittinggi.

Baca: Dosen UBSI Pontianak Gelar PKM ke UMKM Pontimarket

Baca: Indomaret Gandeng Pemkab Sanggau Gelar Seminar UMKM

Dengan demikian, Dewan Pengurus Nasional (DPN) Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) dijadikan sebagai wadah bagi konsultan bisnis dan pendamping UMKM se-Indonesia untuk mendorong dan mengajak semua pihak agar memperingati Hari Nasional UMKM dengan berbagai acara seperti seminar, deklarasi, festival, expo, dan lain sebagainya yang bisa menjadi agregat

kolaborasi multipihak dalam mewujudkan UMKM menjadi tulang punggung perekonomian bangsa.

“Puncak peringatan Harnas UMKM tahun 2019 sendiri telah diselenggarakan melalui event Creative SME Festival 3-6 Agustus di Yogyakarta dengan serangkaian agenda yang dibuka dengan seminar nasional yang menghadirkan Deputi Menteri Koperasi UKM, Deputi Menteri Koordinator Perekonomian, Wakil Gubernur DIY, Deputi Perum Jamkrindo, Konsultan Kebijakan Geopolitik Internasional, Indonesia Diaspora Network, Pusat Studi Perdagangan Dunia UGM, dan dari ASEAN Nagoya Club,” ungkapnya.

Baca: HIPMI: Pameran Pembangunan Bisa Mendongkrak Pendapatan UMKM

Baca: PLUT KUMKM Kalbar Apresiasi Program “Aku Saudagar Muda” BNI

Peringatan Hari Nasional UMKM dimaksudkan menjadi focal event atau focal point berbagai kolaborasi dalam karakter, produktivitas, dan daya saing UMKM.

“Acara yang digelar selama 4 hari itu dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti Creative Talk, Expo UKM Kreatif, Bursa Platform, Pasar Oleh-oleh Nusantara, serta berbagai lomba, pelatihan, dan ditutup dengan Talk Festival UKM Siap Ekspor” jelasnya.

DPN ABDSI Kalbar pun berharap melalui peringatan hari UMKM pada 12 Agustus menjadi sarana untuk merawat dan membesarkan semangat ekonomi kerakyatan.

"Karena itu, ABDSI mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dalam pengembangan ekonomi lokal dengan penguatan UMKM dan Koperasi,” pungkasnya. 

Penulis: Mia Monica
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved