Tingkatkan Kapasitas Personel, LBH Pontianak Lakukan Kajian Hukum Rutin Mingguan

Dalam rangka peningkatan kapasitas terhadap personelnya terus dilakukan oleh LBH Pontianak, hal ini dengan melakukan kajian hukum

Tingkatkan Kapasitas Personel, LBH Pontianak Lakukan Kajian Hukum Rutin Mingguan
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Tingkatkan Kapasitas Personel, LBH Pontianak Lakukan Kajian Hukum Rutin Mingguan 

Citizen Reporter
Kadiv Riset, Kampanye dan Kerjasama ‎Lembaga Bantuan Hukum Pontianak
Abdul Aziz SH

Tingkatkan Kapasitas Personel, LBH Pontianak Lakukan Kajian Hukum Rutin Mingguan

PONTIANAK - Dalam rangka peningkatan kapasitas terhadap personelnya terus dilakukan oleh LBH Pontianak, hal ini dengan melakukan kajian hukum mingguan secara rutin di Ruang pertemuan LBH Pontianak.

Tujuan utama dari kajian mingguan tersebut adalah untuk meningkatkan skill dibidang hukum dan sosial dengan harapan para personel mempunyai kepekaan terhadap isu sosial yang akan terjadi maupun yang berkembang sehingga personel LBH Pontianak secara responsif dapat bertindak dan menganalisa secara hukum persoalan tersebut.

Kajian yang diangkat yakni "Peran Pemerintah dalam Pembatasan Pendirian Minimarket Modern", yang di hadiri beberapa anggota LBH Pontianak Suparman selaku Ketua LBH Pontianak, Ismail, S.Pd, selaku Kepala Divisi Internal dan Abdul Aziz, S.H. selaku Kepala Divisi Riset, Kampanye dan Kerjasama dan Iwan Kadir dari unsur masyarakat,

Koordinator Divisi LBH Pontianak Adam Pamirta Rahman, menjelaskan bahwa pendirian minimarket modern harus mempertimbangkan dari beberapa aspek diantaranya yakni sosial dan Ekonomi masyarakat setempat.

Pendirian minimarket modern harus mampu menyerap tenaga kerja penduduk lingkungan sekitar dan dapat memberikan kesejahteraan sosial bagi lingkungan melalui program CSRnya, bukan hanya didirikan setelah itu hak masyarakat lingkungan disekitar terabaikan.

Baca: Musdes Desa Penyaho Dangku, Kapolsek Ngabang Beri Imbauan Terkait Pilkades Serentak

Baca: Tim Aston Tundukan Tim Kartika Hotel di Turnamen Futsal Antar Hotel

Baca: Pangdam XII/Tanjungpura Resmikan Jalan, Warga Rasakan Kemerdekaan Sesungguhnya

Sementara Iwan Kadir dari unsur masyarakat menambahkan maraknya minimarket modern lambat laun bisa mematikan pedagang kecil atau local yang serupa yang ada disekitar.

Lalu Ketua LBH Pontianak Suparman mencontohkan ketika dirinya diminta untuk memdampingi pendirian Minimarket modern daerah Pontianak Tenggara,

Masyarakat keberatan atas pendirian minimarket modern tersebut karena dianggap tidak memperoleh persetujuan kanan, kiri, depan dan belakang warga setempat dimana pendirian minimarket modern tersebut dianggap masyarakat lambat laun akan mengganggu dan mematikan usaha mereka karena warga setempat atau pedagang lokal tidak akan mampu bersaing dari skala modal, brand dan manajemen.

Ia juga menuturkan karena masyarakat juga bisa menilai keberadaan minimarket didaerahnya tidak mampu menyerap tenaga kerja yang ada disekitar.

Berdasarkan pantauan dilapangan sementara disepanjang jalan sepakat II itu sendiri sudah berdiri beberapa minimarket modern seperti ada tiga minimarket berbasis bisnis waralaba

Suparman menilai jika pendirian minimarket modern tidak dibatasi oleh pemerintah kota bukan tidak mungkin di JL Sepakat II akan ada lagi pendirian minmarket modern kembali.

hal ini berpotensi akan mematikan pedagang lokal yg serupa dengan minimarket modern tersebut.
Suparman mencontohkan salah satu pendirian minimarket modern yang ada di JL. Sepakat di Kec. Pontianak Tenggara sesuai dengan rekomendasi awal Walikota Pontianak Nomor :640/10-3/DPMTKPTSP.1 salah satunya isinya adalah _dalam menempatkan lokasi minimarket dimaksud agar memperhatikan serta mempertimbangkan jarak dengan pasar rakyat/pasar tradisional dan minimarket lokal yang ada disekitar lokasi_
akan tetapi rekomendasi pendahuluan tersebut diabaikan oleh dinas terkait sehingga minimarket modern tersebut tetap bisa berdiri.

Dengan fenomena diatas LBH Pontianak secara kelembagaan akan mengirim surat permintaan permohonan agar pendirian minimarket modern dibatasi pendiriannya dan mengevaluasi lagi keberadaan minimarket yng sudah berdiri dengan tujuan hak-hak pedagang lokal yg serupa bisa tetap terlindungi

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved