Citizen Reporter

Lismaryani: Wanita Miliki Peran Dalam Pelestarian Lingkungan

Menurut data tahun 2018 Kalbar memiliki luas mangrove 176.039 Ha yang tersebar di 5 Kabupaten dan 2 Kota.

Lismaryani: Wanita Miliki Peran Dalam Pelestarian Lingkungan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Ketua TP PKK Kalbar, Lismaryani foto bersama stakeholder lainnya menanam mangrove. 

Citizen Reporter
Humas Pemprov Kalbar, Rinto

PONTIANAK - Ketua TP PKK Kalbar Ny Lismaryani Sutarmidji mengatakan peran serta ibu-ibu yang dipimpin oleh ibu negara sangat kuat dalam usaha pelestarian lingkungan, kegiatan penanaman pohon banyak dilakukan di berbagai daerah.

"Khusus untuk penanaman mangrove ini sudah ketiga kalinya. Hal ini tentu menunjukkan bahwa wanita dapat berperan dalam menjaga dan memperbaiki kerusakan lingkungan," kata  Lismaryani Sutarmidji, Rabu (7/8) di Mangrove Park Mempawah.

Gerakan Nasional Peduli Mangrove dan Pemulihan DAS dalam rangka Hari Konservasi Alam Nasional kali ini secara serentak dilaksanakan pada 12 provinsi di seluruh lndonesua yang dipusatkan di Kepulauan Riau dengan penanaman sebanyak 160.000 batang melibatkan pemerintah daerah, organisasi wanita, unsur TNI-Polri, UPT Kementerian LHK, Pramuka dan nelayan serta masyarakat.

Kalbar merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai hutan dan mangrove sangat luas, mempunyai peran serta dalam keseimbangan dan kesehatan lingkungan khususnya di Indonesia.

Menurut data tahun 2018 Kalbar memiliki luas mangrove 176.039 Ha yang tersebar di 5 Kabupaten dan 2 Kota.

Baca: VIDEO: Ribuan Masyarakat Sintang Nikmati Lokasi Wisata Pantai Musiman di Sakatiga

Baca: Gubernur Kalbar Sutarmidji Ultimatum 10 Perusahaan! 4 Sanggau, 3 Ketapang, 2 Kapuas Hulu dan Sintang

“Walaupun kondisi hutan Mangrove saat ini masih bagus namun tidak kita pungkiri  bahwa banyak kerusakan d berbagai tempat dikarenakan manusia dan aktifitas alam," jelasnya.

Memperhatikan kondisi hutan Mangrove saat ini, masih kata Mantan Ketua TP PKK Kota Pontianak, diperlukan peran serta ibu-ibu untuk menjaga dan memperbaiki kondisi yang mengalami kerusakan di beberapa tempat tersebut melalui penanaman mangrove ini salah satunya.

Banyak sekali manfaat dari suatu ekosistem mangrove dalam menjaga keseimbangan lingkungan pantai antara lain pelindung erosi dan abrasi air laut, penyangga dan pencegah intrusi air laut, tempat berlindung dan berkembangbiagnya berbagai jenis fauna dan biota laut.sumber pendapatan masyarakat dan sebagai mitigasi bencana.

"Saya harap, agar  ibu-ibu ikut berperan serta karena sangat penting dalam mendukung usaha pemerintah ini dalam menjaga dan memperbaiki kerusakan lingkungan," harapnya.

Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved