Cok Hendri Harap KPU Tak Melenceng dari Putusan MK

Seperti diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) menerima sebagian gugatan PHPU Pileg Gerindra Kalbar untuk Dapil 6 DPRD Provinsi, Sanggau-Sekadau.

Cok Hendri Harap KPU Tak Melenceng dari Putusan MK
ANTARA FOTO / HAFIDZ MUBARAK A/Kompas.com
Petugas keamanan melintas di depan Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (23/5/2019). Sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, MK Membuka layanan penerimaan atas permintaan pemilihan umum 3x24 jam sejak penetapan penerimaan suara oleh KPU. 

Cok Hendri Harap KPU Tak Melenceng dari Putusan MK

PONTIANAK - Pihak terkait dalam PHPU Pileg 2019 di Dapil Kalbar 6, Sanggau-Sekadau untuk DPRD Provinsi Kalbar, Cok Hendri M berharap agar KPU tidak melebar maupun melenceng dari amar putusan MK.

"Kita semuanya dituntut untuk fokus kepada amar putusan hakim MK, terutama yang lebih khusus adalah KPU, diputusan hakim MK ada empat poin, yang poin keduanya mengembalikan suara pengadu 59 suara yang hilang di Kecamatan Meliau. Dan itulah yang dikabulkan hakim," katanya, Kamis (08/08/2019) kepada Tribun.

Seperti diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) menerima sebagian gugatan PHPU Pileg Gerindra Kalbar untuk Dapil 6 DPRD Provinsi, Sanggau-Sekadau. 

Baca: MK Terima Gugatan Gerindra, KPU Sanggau Tunggu Arahan

Baca: KPU Pastikan Caleg Terpilih di Kapuas Hulu Sudah Laporkan LHKPN

Adapun empat point putusan MK ialah sebagai berikut: 

  1. Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian.
  2. Menyatakan perolehan suara yang benar untuk pemohon atas nama Hendri Makaluasc Calon Anggota DPRD Provinsi Kalbar 6, Partai Gerindra nomor urut 1 Dapil Kalbar 6 adalah 5.384 suara.
  3. Menolak permohonan pemohon sepanjang menyangkut DPR RI Dapil Kalbar 1 serta permohonan pemohon selain dan selebihnya.
  4. Memerintahkan termohon untuk melaksanakan putusan ini

"Kan ada empat putusan hakim, kita tidak boleh melebar ke lain-lain fokus ke putusan hakim MK karena putusannya final dan mengikat, selain itu juga kita tunggu-tunggu," tutur Cok Hendri M.

Baca: Gugatan PHPU Demokrat Kalbar Ditolak MK

Baca: Bawaslu Kalbar Pastikan Netral Berikan Keterangan di Sidang PHPU

"Diputusan hakim MK juga tidak ada menyinggung suara dari Partai ataupun Caleg lain dari Partai Gerindra, hanya fokus kepada Hendri Makaluasc, kemudian dipoin keempat putusan hakim MK pihak termohon dalam hal ini KPU diminta menindaklanjuti putusan hakim tersebut, jadi yang seharusnya dilaksanakan KPU melaksanakan putusan itu dengan mengkoreksi khusus punya Hendri Makaluasc," timpal dia.

Lebih lanjut, menurutnya, begitu sudah dikoreksi sesuai putusan MK.

Tinggal KPU melihat, dari 8 caleg siapa yang paling tinggi meraih suara, karena yang tertinggi yang akan ditetapkan.

"Kita harapkan KPU RI tidak melenceng dari putusan hakim," katanya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved