Jelang Idul Adha,12 Petugas Peternakan Kubu Raya Cek Kondisi Hewan

Jelang perayaan hari raya Idul Adha nanti. Dinas Ketahanan Pangan Perkebunan dan Peternakan Kubu Raya menurunkan 12 orang pengawas

Jelang Idul Adha,12 Petugas Peternakan Kubu Raya Cek Kondisi Hewan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Septi Dwisabrina
Petugas sedang menyiapkan pengenal untuk digantungkan di leher sapi, sebagai tanda sapi tersebut layak kurban, di ternak sapi, Pal 9, Sungai Kakap, Rabu (07/08/2019) 

Jelang Idul Adha,12 Petugas Peternakan Kubu Raya Cek Kondisi Hewan

KUBU RAYA - Jelang perayaan hari raya Idul Adha nanti. Dinas Ketahanan Pangan Perkebunan dan Peternakan Kubu Raya menurunkan 12 orang pengawas untuk melakukan pengecekan kondisi hewan-hewan yang hendak di kurbankan.

Satu diantara tim pengawas yang di tugaskan adalah Dedy Andriadi, ia merupakan koordiator yang bertugas untuk pengecekan hewan sapi di Sungai Kakap.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menjadi indikator untuk melihat kondisi hewan yang sehat, sehingga layak untuk menjadi kurban.

"Pertama yang kita periksa itu, sapinya. Karena sapi yang sehat pasti sesuai dengan syariat islam. Kedua, bentuk badannya, apakah ada cacat atau tidak, yang ketiganya, melihat kondisi (nyata) dari sapi itu sendiri," ujarnya kepada wartawan Tribun Pontianak, Rabu (07/08/2019).

Baca: Jadi Penyangga Kuota Kurban di Pontianak, Tim Pengawas: Di Kubu Raya Belum Ditemukan Sapi Tak Sehat

Baca: TRIBUNWIKI: Alamat Puskesmas di Kecamatan Kayan Hilir

Baca: Hukum Mengharapkan Meninggal di Tanah Suci! Sunnah Apabila Tujuan yang Baik

Kegiatan pengecekan ini telah berlangsung sejak 5 Agustus, dan berakhir 13 Agustus mendatang. Dengan pembagian wilayah di lima kecamatan.

"Di Kubu Raya, kita punya lima kecamatan. Terbesar Kecamatan Sungai Kakap, Rasau Jaya, Terentang, Sungai Raya sama Sungai Ambawang," pungkasnya di tempat pengelolaan ternak sapi.

Lebih lanjutnya, tim pengawasan akan terus memantau kondisi hewan kurban, di titik-titik penjualan serta di tempat pemotongan hewan. (Septi Dwisabrina).

Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved