Kemenag Kota Pontianak akan Verifikasi Pemohon Itsbat Nikah

Sehingga kita akan verifikasi jika datanya sudah lengkap kita akan berkooridanasi dengan pengadilan agama untuk mengajukan sidang itsbat

Kemenag Kota Pontianak akan Verifikasi Pemohon Itsbat Nikah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HAMDAN
Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak, Eksan 

Kemenag Kota Pontianak akan Verifikasi Pemohon Itsbat Nikah

PONTIANAK - Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak, Eksan mengatakan pihaknya akan menginventarisir pemohon untuk mengikuti itsbat nikah.

Karena menurutnya tidak semua pemohon yang telah mendaftarkan diri bisa mengikuti itsbat nikah dan mendapatkan buku nikah dari kementerian agama.

"Bisa jadi ada sengketa atau masih berkaitan persoalan hukum yang barangkali perlu diselesaiakan lebih dulu. Sehingga kita akan verifikasi jika datanya sudah lengkap kita akan berkooridanasi dengan pengadilan agama untuk mengajukan sidang itsbat," ujarnya Kamis (1/8/2019)

Jika sudah dilakukan sidang itsbat di keluarkan keputusan dan penetapan oleh Pengadilan agama terhadap status perkawinan yang telah dilakukan, langkah selanjutnya Kementerian agama kemudian akan mengeluarkan buku nikahnya.

Baca: Manajemen Hotel Kapuas Palace Ucapkan HUT Tribun Pontianak ke-11

Baca: Komdis PSSI Jatuhi Saksi 7 Klub Liga 2, PSMS, PSIM, Persis hingga Persewar, 4 Klub Denda Rp 25 Juta

"Buku nikah yang dikeluarkan tidak ada biaya dan pungutan lainya dan betul-betul sesuai aturan yang berlaku bahwa menikah di KUA itu nol rupiah," ujarnya.

Lebih lanjut, Eksan mengatakan pihaknya tengah melakukan sejumlah persiapan untuk sidang itsbat nikah untuk pasangan belum memiliki surat nikah di Kota Pontianak pada tahun 2019, guna membantu masyarakat guna meminimalisir persoalan-persoalan dokumen pendudukan. seperti penerbitan akta kelahiran anak, dan akta kependudukan lainya yang bersumber dari buku nikah yang tidak ada.

"Untuk kota Pontianak masih ada pemohon sekitar 100an pasangan yang belum memiliki buku nikah dari berbagai KUA. akan tetapi belum dilakukan verifikasi. Oleh karena itu kita akan verifikasi ulang data tersebut oleh petugas KUA di seluruh Kota Pontianak," ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved