Citizen Reporter

Bupati Gidot Resmikan Empat Puskesmas Sekaligus di Kabupaten Bengkayang

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Bengkayang Suryadman Gidot, M.Pd menyambut Positif atas peresmian Puskesmas ini.

Bupati Gidot Resmikan Empat Puskesmas Sekaligus di Kabupaten Bengkayang
ISTIMEWA
Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot saat meresmikan secara simbolis Gedung Puskesmas Samalantan, Puskesmas Sanggau Ledo, Puskesmas Jagoi Babang dan Puskesmas Siding, Selasa (30/07/2019) 

Bupati Gidot Resmikan Empat Puskesmas Sekaligus di Kabupaten Bengkayang

Citizen Reporter
Ruli Adrianus
Humpro Bengkayang

PONTIANAK - Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot meresmikan Gedung Puskesmas Samalantan, Puskesmas Sanggau Ledo, Puskesmas Jagoi Babang dan Puskesmas Siding, Selasa (30/07/2019).

Peresmian yang dipusatkan di Puskemas Sidding ini dihadiri Kepala Dinas Kesehatan, Camat Samalantan, Camat Sanggau Ledo, Camat Jagoi Babang, Camat Siding, Kepala Desa se Siding dan se Jagoi, Danramil Jagoi dan Siding, Kapolsek Jagoi dan Siding serta tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkayang Salikin dalam laporannya mengungkapkan, untuk memenuhi prana sarana alat kesehatan di puskesmas dan rumah sakit dalam menekan pelayanan berkualitas dan aman hingga ke pelosok di Kabupaten Bengkayang antara lain puskesmas Samalantan pekerjaannya rehabilitasi rawat inap sumber dana DAK reguler tahun 2018 sebesar Rp. 1,9 M, Puskesmas Sanggau Ledo Sumber Dana DAK reguler sebesar Rp. 2,1M, Puskesmas Jagoi Babang Rehabilitasi Bangunan Fisik sebesar Rp. 8,2 M, Puskesmas Siding Sumber Dana DAK sebesar Rp. 8,4 M.

Lebih lanjut dikatakannya, akreditasi Puskesmas sebagai Penilaian Kinerja yang baik bagi puskesmas itu sendiri.

Baca: Ibu Muda Aniaya Bayi Hingga Kritis, Ini Perintah Bupati Gidot Pada Kepala Puskesmas Seluas

Baca: Festival Budaya Dayak ke-1 Kalbar Tuntas Digelar, Bupati Gidot Simpan Harapan

"Ada 17 Puskesmas di Kabupaten Bengkayang baru 12 Terakreditasi Puskesmas 6 Strata dasar, 6 Strata Madya itu di nilai sampai 2018," ungkapnya.

Pada tahun 2018, kata dia, yang sudah terakreditasi ada lima, Puskesmas Siding dengan predikat Madya, Puskesmas Ledo dengan predikat Madya, Puskesmas 17 dengan Predikat Madya, Puskesmas Monterado dengan predikat Dasar dan Puskesmas Sui Betung dengan predikat Dasar.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Bengkayang Suryadman Gidot, M.Pd menyambut Positif atas peresmian Puskesmas ini.

"Keberadaan Fasilitas Kesehatan berupa Sarana Prasarana Fisik dan Non fisik merupakan untuk menunjang Pelayanan Kesehatan untuk Masyarakat," jelasnya.

Baca: Atraksi Budaya di Bengkayang Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia, Ini Kata Bupati Gidot

Baca: Resolusi Bupati Gidot di 2019, Mulai dari Tuntaskan Progja Hingga Jadi Sosok Motivasi Bagi anak

Gidot juga mengatakan Puskesmas harus didirikan di Setiap Kecamatan dan memenuhi persyaratan lokasi Bangunan Prasaranan Kesehatan, Ketenagaan, Kefarmasian dan Laboratorium sesuai dengan Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia No 75 Tahun 2014 tentang Puskeamas harus memenihi Sertifikat Akreditasi sebagai Indikator Mutu Pelayanan Kesehatan Puskesmas.

Untuk itu, lanjutnya, Pembangunan Puskesmas Siding, Jagoi, Sanggau Ledo dan Samalantan sesuai dengan Peraturan saat ini.

"Saya berpesan khususnya Masyarakat Siding, Jagoi Babang, Sanggau Ledo dan Samalantan agar dapat memanfaatkam Puskesmas ini dan tingkatkan layanan kita serta menjaga dan rawatnya dengan sebaik baiknya," harapnya. 

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved