Pengamat Nilai Pilkada 2020 Jadi Tes Kepemimpinan Lasarus di PDI Perjuangan

Erdi menyarankan, agar pada pilkada serentak 2020 nanti, partai ini terbuka untuk berkoalisi, bahkan mencalokan figur dari luar kader PDI Perjuangan

Pengamat Nilai Pilkada 2020 Jadi Tes Kepemimpinan Lasarus di PDI Perjuangan
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Satu diantara alumni FISIP Untan, Lasarus. 

Pengamat Nilai Pilkada 2020 Jadi Tes untuk Kepemimpinan Lasarus di PDI Perjuangan

PONTIANAK – Pengamat dari FISIP Universitas Tanjungpura Pontianak Dr Erdi menilai jika pilkada serentak tahun 2020 akan menjadi ajang pembuktian bagi Lasarus pasca diberi mandat menjadi Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar.

Terlebih, kata dia, pada pilkada serentak yang akan berlangsung di tujuh kabupaten itu, empat diantaranya masuk di daerah basis suara Lasarus, yaitu Kabupaten Sekadau, Melawi, Sintang dan Kapuas Hulu.

“Saya lihat pilkada ini memang akan menjadi tes awal bagi kepemimpinan Lasarus di PDI-P Kalbar. Kalau bisa menang di empat kabupaten, itu bisa dikatakan sukses. Tapi kalo dari tiga (kabupaten) lainnya, yaitu Ketapang, Sambas dan Bengkayang, satu saja bisa direbutnya, itu tambah sukses lagi,” katanya, Selasa (30/7/2019).

Melihat dari pelaksanaan pilkada di tujuh daerah itu sebelumnya, PDI Perjuangan Kalbar hanya bisa memenangkan satu daerah yaitu Kabupaten Sekadau.

Baca: Bupati AM Nasir Jelaskan Perihal Besarnya Dana Pilkada 2020 di Kapuas Hulu

Baca: KPU Bengkayang Usulkan Rp 40 Miliar untuk Pilkada, Pengamat: Harus Berbanding Lurus dengan Kualitas

Maka dari itu, Erdi menyarankan, agar pada pilkada serentak 2020 nanti, partai ini terbuka untuk berkoalisi, bahkan mencalokan figur dari luar kader PDI Perjuangan.

“Sebagai partai pemenang pemilu, PDI Perjuangan juga tidak mesti mengusung calon dari dalam, tetapi paling tidak, sebagai partai pelopor PDI Perjuangan, yang mengusulkan pasangan bupati dan wakil bupati, menang,” jelasnya.

Baca: Dekan Sebut Lasarus Kebanggaan FISIP Untan

Baca: Lasarus Pimpin PDI Perjuangan Kalbar, Pengamat Sarankan Rekonsiliasi

Hal tersebut, lanjutnya bisa dengan cara merangkul partai lainnya seperti Nasdem, Demokrat dan PAN.

Selain memetakan kekutan politik, Dr Erdi juga menyarankan agar PDI Perjuangan Kalbar di bawah komando Lasarus, mendengar aspirasi masyarakat.

Khususnya saat akan menentukan figur kepala daerah atau wakilnya, yang akan diusung pada pilkada serentak nanti.

“Figur yang dibutuhkan masyarakat saat ini antara lain, figur dengan prestasi yang sudah nyata. Ini akan menjadi batu loncatan bagi publik, dalam memilih figur yang bersangkutan, di pilkada nanti,” tukasnya

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved