TRIBUNWIKI

TRIBUNWIKI: Data Statistik Transportasi dan Komunikasi di Kabupaten Sintang

Kategori transportasi dan pergudangan di Kabupaten Sintang selama lima tahun terakhir cukup berfluktuasi, serta mengalami perlambatan di tahun 2017

TRIBUNWIKI: Data Statistik Transportasi dan Komunikasi di Kabupaten Sintang
TRIBUNPONTIANAK/Wahidin
Tabel Data Statistik Transportasi dan Komunikasi di Kabupaten Sintang 

TRIBUNWIKI: Data Statistik Transportasi dan Komunikasi di Kabupaten Sintang

SINTANG - Berdasarkan Publikasi Statistik Daerah Kabupaten Sintang 2018 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sintang berikut akan disajikan data statistik transportasi dan komunikasi di Kabupaten Sintang.

Kategori transportasi dan pergudangan di Kabupaten Sintang selama lima tahun terakhir cukup berfluktuasi, serta mengalami perlambatan di tahun 2017.

Pada tahun 2017 pertumbuhan sektor ini mencapai 4,83 persen, dikarenakan adanya penambahan dua maskapai penerbangan di Bandara Susilo.

Selain penambahan diikuti juga dengan penghentian izin terbang untuk satu maskapai penerbangan.

Baca: TRIBUNWIKI: Data Statistik Hotel dan Pariwisata di Kabupaten Sintang

Baca: TRIBUNWIKI: Data Statistik Konstruksi di Kabupaten Sintang

Baca: TRIBUNWIKI: Data Statistik Kesehatan di Kabupaten Sintang

Perlambatan pertumbuhan kategori ini dikarenakan tahun 2016 terdapat penambahan satu maskapai penerbangan yang diiringi peningkatan jumlah penumpang datang dan berangkat yang sangat signifikan, yaitu mencapai 17,83 persen pada subsektor angkutan udara.

Di kategori informasi dan komunikasi, pertumbuhannya mengalami tren perlambatan.

Pada tahun 2017, laju pertumbuhan kategori ini mencapai 11,86 persen. Hal ini, disebabkan oleh semakin pesatnya transaksi online, termasuk pembelian pulsa sebagai telah beralih dari transaksi online ke offline.

Namun peranan kategori ini masih tergolong kecil dalam pembentukan PDRB Kabupaten Sintang yaitu sebesar 2-5 persen.

Oleh karena itu, kategori ini perlu dikembangkan lagi, karena peranan kategori ini dapat memperlancar kegiatan ekonomi seperti arus barang dari kategori primer ke kategori industri.

Untuk mendukung kategori transportasi dan komunikasi, salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah adalah dengan
mengembangkan sarana dan prasarananya dari subsektor angkutan darat, yaitu perbaikan jalan yang masih banyak mengalami kerusakan.

Penulis: Wahidin
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved